Dasawarsa ISI Denpasar: Diawali Dengan Tirta Yatra ke Pura Puncak Sari Tabanan

Dasawarsa ISI Denpasar: Diawali Dengan Tirta Yatra ke Pura Puncak Sari Tabanan

tirta yatra 3Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. (Dosen PS. Pedalangan).

Tabanan- Jelang hari jadinya yang ke-10 (dasawarsa), ISI Denpasar menggelar berbagai kegiatan. Diawali dengan tirta yatra ke Pura Puncak Sari Tabanan pada tanggal 12 Juli 2013. Tirta yatra diikuti oleh para pejabat struktural, dosen, staf yang juga didampingi oleh keluarga masing-masing. Sebelum melakukan tirta yatra, terlebih dahulu diadakan persembahyangan bersama di Pura ISI Denpasar untuk memohon kelancaran dan keselamatan sampai di tempat tujuan.

Menuju ke pura Puncak Sari Tabanan, suasana khusuk kental terasa karena lokasi pura dikelilingi oleh hutan belantara. Pura Luhur Pucak Sari memiliki kekuatan aura spiritual yang dipancarkan tak lain karena keberadaan pura yang jauh dari keramaian, berada di tanah tegal yang tinggi rimbun seperti alas, dipagari pohon besar dikelilingi persawahan. Bagi para pemendek untuk menuju ke pura harus menaiki sebanyak 300 anak tangga, namun suasana pura yang sejuk membayar seluruh kelelahan.

tirta yatra
Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugirtha,S.SKar., M.Hum yang hadir didampingi oleh keluarga menyatakan bahwa tirta yatra merupakan salah satu kegiatan rutin yang diadakan ISI Denpasar sebelum memulai berbagai rangkaian kegiatan dalam merayakan Dies Natalis. "Melakukan perjalanan suci (Tirta Yatra) ke pura bertujuan sebagai sujud dan bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta memohon petunjuk, keselamatan agar diberi kemudahan dan kelancaran khususnya dalam pelaksanaan aca Dies Natalis ISI Denpasar X dan Wisuda Sarjana Seni XI" uangkap Dr. Arya.

tirta yatra 1Usai persembahyangan rombongan beserta keluarga makan siang bersama, berbaur dalam satu kebersamaan.

Comments are closed.