Dasawarsa ISI Denpasar

Dasawarsa ISI Denpasar

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. (Dosen PS PedalaBALIHO-DIESfixngan).

Denpasar- Institut Seni Indonesia Denpasar pada 28 Juli 2013 ini akan genap berusia 10 tahun. Pada satu dasawarsa ini banyak momentum yang akan dituangkan untuk memperingatinya, hal tersebut terungkap saat konfrensi pers yang diadakan Rabu 10 Juli 2013, bertempat di Ruang Sidang ISI Denpasar. Menurut Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya  Sugiartha, S.SKar., M.Hum. Perayaan kali ini sangat spesial dilihat dari segi kualitasnya. Diawali dengan tirta yatra ke Pura Puncak Sari Tabanan pada tanggal 12 Juli 2013. Pada tanggal 14 Juli 2013 diadakan acara jalan santai dan lomba olahraga. Guna menjaring mahasiswa berprestasi yang memiliki kemampuan di bidang bahasa Inggris, pada selasa 22 Juli 2013 digelar lomba debat bahasa Inggris antar program studi di lingkungan ISI Denpasar. Kegiatan lomba debat bahsa inggris yang berlangsung rutin setiap tahunnya, untuk mencari bibit yang berbakat dalam bidang bahasa untuk nantinya diadu dalam tingkat regional dan nasional. Pada tanggal 22 Juli juga dilaksanakan Pembukaan Pameran Seni Rupa. Sebagai high light dari acara dies natalis, maka diadakan seminar yang menghadirkan para pembicara yang pernah menorehkan sejarah di ISI Denpasar. Mereka adalah Prof. Dr. I Wayan Merta Sutedja, BA, Prof. Dr. I Made Bandem, Prof. Dr. dr. I Wayan Wita, Sp.Pj, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A serta Prof. Dr. I Wayan Dibia, S.ST., MA.  Acara seminar akan berlangsung pada 25 Juli 2013. Pada acara seminar juga akan diluncurkan buku berjudul “Sekar Jagat Bali”. Buku ini berisikan sekitar 50 biografi singkat seniman Bali. Sebagai puncak acara pada minggu 28 Juli 2013 adalah acara Dies Natalis ISI Denpasar  X dan Wisuda Sarjana Seni XI. ISI Denpasar pada tahun ini akan mewisuda 150 wisudawan yang terdiri dari 138 S1 dan wisuda perdana pascasarjana sebanyak 22 wisudawan.

Selain kegiatan inti dari institut, di masing-masing fakultas juga menyelenggarakan beberapa event. Diantarnya Fakultas Seni Rupa dan Desain mengadakan lomba bersifat internal yaitu lomba seni rupa,  desain, kriya dan lomba fotografi. Dekan FSRD ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu, M.Si, mengungkapkan bahwa FSRD juga mengadakan lomba secara ekternal pada 18 Juli 2013 yaitu lomba mewarnai untuk anak-anak tingkat TK hingga SD kelas 3, selanjutnya lomba melukis tingkat SD kelas 4 hingga kelas 6 dan lomba melukis tingkat SMP, serta lomba melukis tradisi untuk tingkat SMA. FSRD ISI Denpasar juga akan menggelar pentas isntalasi yang dimulai dari tanggal 23 Juli hingga 26 Juli 2013.

Sementara Menurut Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, I Ketut Garwa, S.Sn., M.Sn., Fakultas Seni Pertunjukan yang bertugas untuk menyukseskan acara seremonial pada saat dies natalis dan wisuda sarjana telah menyiapkan latihan-latihan untuk pedel dan tari kebesaran ISI Denpasar yaitu Tari Siwa Nataraja. FSP juga menggelar Lomba Karya Cipta “Drama Tari” yang digelar per semester pada tanggal 25 Juli 2013 di Gedung Candra Metu ISI Denpasar.

Pembantu Rektor III, Drs. I Made Subrata, MSi mengungkapkan bahwa berbagai lomba dan kegiatan juga diadakan oleh para mahasiswa ISI Denpasar lewat SENAT Mahasiswa. Pada tanggal 12-13 Juli 2013 digelar workshop Stand up comedy bertempat di Pusdok dan Natya Mandala ISI Denpasar. UKM Kesenian menggelar lomba lagu pop daerah dan solo antar PTS dan PTN se-Bali yang diadakan pada tanggal 23-25 Juli 2013. UKM Penalaran menggelar seminar dan lomba karya ilmiah. UKM Olah Raga mengadakan lomba tenis meja, tarik tambang dan olah raga lainnya, UKM PMI mengadakan pengabdian pada masyarakat dan donor darah pada 24 Juli 2013,serta UKM Penerbitan akan mengadakan seminar dan workshop tentang majalah kampus.

Pada moment malam kesenian dalam rangka dies natalis ini jug a dikemas secara spesial yang dijadikan sebagai malam keakraban keluarga besar ISI Denpasar. Para cavitas yang dapat mengajak seluruh keluarganya dalam malam kesenian ini, akan disuguhkan pameran dan pementasan seni. Momen dies ini  juga dijadikan momentum untuk memberikan penghargaan kepada 55 pensiunan ISI Denpasar.

Comments are closed.