Desa Tenganan Pegringsingan II

Desa Tenganan Pegringsingan II

Oleh: I Ketut Darsana, Dosen PS Seni Tari

Jika dilihat dari bentuk geografisnya, desa Tenganan Pegringsingan berbentuk persegi panjang yaitu memanjang dari selatan ke utara. Di desa ini terdapat empat pintu keluar masuk desa. Pintu yang terletak di bagian selatan merupakan pintu utama untuk keluar masuk desa terutama bagi orang dari luar desa.

Bagian selatan desa sekaligus juga dianggap sebagai bagian depan karena begitu keluar dari pintu desa kita akan langsung berada pada jalan yang menuju ke jalan raya.

Pintu kedua terletak di bagian timur. Melalui pintu ini penduduk bisa masuk ke hutan di bukit timur dan juga pintu ini merupakan pintu untuk ke kuburan.

Pintu ketiga berada pada bagian utara yang terletak bersebelahan dengan tempat pemandian umum. Melalui pintu utara biasanya pen-duduk pergi ke pegunungan yang merupakan sumber air bagi desa Te-nganan Pegringsingan. Lewat pintu ini juga warga desa menuju ke sawah yang mereka tanami padi sepanjang tahun.

Pintu keempat terletak di bagian sisi barat dengan jika keluar melalui pintu ini akan langsung menemukan sungai yang airnya sangat jernih dan di pinggir–pinggir sungai banyak terdapat mata air yang air-nya bisa diminum oleh masyarakat setempat. Dengan menyeberangi sungai ini warga desa menuju kebun dan ladang mereka yang ada di bukit kauh (barat).

Perlu diketahui bahwa keempat pintu yang terdapat di desa Tenganan Pegringsingan juga bisa mempunyai fungsi untuk membatasi mobilitas penduduk dan juga berfungsi sebagai sarana keamanan baik bagi desa maupun bagi ladang, kebun, dan hutan.Pintu ini ditutup dan dikunci pada malam hari sekitar pukul 10.00 Wita dan dibuka kembali pagi hari sekitar pukul 04.00 Wita.

Dilihat dari aspek pola pemukiman di desa adat Tenganan Pegring-singan cenderung mengikuti struktur geografis yang secara keseluruhan membentuk desa adat Tenganan. Pola pemukiman ini meliputi pola tem-pat tinggal yang berupa kaveling – kaveling tanah pekarangan yang kese-luruhannya ada 220 buah kaveling.

Desa Tenganan Pegringsingan II selengkapnya

Comments are closed.