Desain Interior Sekolah Musik Farabi

Desain Interior Sekolah Musik Farabi

Sekolah Musik Farabi merupakan sekolah musik yang menawarkan fasilitas alat musik lengkap dan program-program yang berkompeten, didukung oleh staf pengajar akademisi dan praktisi musik terkemuka. Terletak di Jalan Merdeka Denpasar, lokasi ini merupakan alih fungsi bangunan dari bangunan restoran menjadi sekolah musik. Pertimbangan pemilihan lokasi ini karena berada pada tempat yang strategis yaitu terletak di pusat kota Denpasar. Permasalahan yang menonjol pada sekolah musik yaitu ruang akustik yang tidak mendukung sehingga memerlukan penataan dan bahan khusus pada lantai, dinding dan plafon untuk ruang akustik agar dapat menciptakan suasana ruang belajar musik yang kondusif.

Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu dengan mengumpulkan data kemudian menganalisis data dan desain secara sistematik sehingga akan menemukan desain yang dapat memenuhi kebutuhan civitas, aktivitas dan pelayanan sekolah musik tersebut.

Dari hasil analisis maka disimpulkan bahwa mendesain interior Sekolah Musik Farabi memperhatikan kualitas akustik ruang dengan cara menutup ruang menggunakan material tertentu. Mengatur desain ruang dari depan ke belakang sesuai besaran kebisingan hingga ruang yang memerlukan ketenangan. Menerapkan konsep Harmoni dimaksudkan untuk memberikan keselarasan antara wadah dan isi menjadi tujuan dari desain yang akan dibuat, dengan perpaduan bentuk geometris menerapkan kombinasi warna laras sesuai dengan suasana ruang yang ditampilkan antara suasana hangat dan tenang, menggunakan pola bentuk grand piano dan not balok sebagai ide dasar desain yang akan dirancang.

Kata Kunci : Sekolah Musik Farabi, Akustik Ruang, Konsep Harmoni

Comments are closed.