Desain Kemasan Dan Media Promosi Sweet Wine

Desain Kemasan Dan Media Promosi Sweet Wine

Sweet Wine adalah merek produk baru berupa minuman jenis brem yang diproduksi oleh PO. Imo Syrup yang beralamat di Jl. Soka Gg. Kertapura IV No. 16, Denpasar-Bali. Tidak seperti produk brem lain yang ada di pasaran, Sweet Wine menggunakan bahan baku ubi ungu. Sebagai sebuah produk baru, salah satu hal penting yang perlu menjadi perhatian adalah faktor desain. Sweet wine baru sebatas memiliki logo merek, sedangkan media lain seperti kemasan maupun media promosi belum ada. Masalah yang didapatkan adalah mengenai jenis media kemasan dan promosi yang tepat untuk produk Sweet Wine dan bagaimana merancangnya.
Untuk mendukung proses perancangan digunakan metode pengumpulan data seperti metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Dari metode-metode tersebut didapatkan data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis SWOT dan analisis kualitatif. Proses perancangan ini juga menggunakan teori-teori seperti teori mengenai kemasan, aspek desain komunikasi visual, unsur desain komunikasi visual, prinsip desain komunikasi visual, aspek teknis perwujudan, teori komunikasi massa dan semiotika.
Konsep simple elegance dipilih sebagai konsep dasar perancangan media kemasan dan promosi Sweet Wine. Konsep ini dijabarkan pada tiap unsur desain komunikasi visual dimana dipilih ilustrasi dengan teknik fotografi dan hand drawing dengan bantuan komputer, tipografi menggunakan jenis huruf sans serif Candara dan serif Constantia, warna menggunakan kombinasi komplementer yaitu warna ungu kemerahan dan hijau kekuningan. Sedangkan media kemasan dan promosi yang dirancang berupa stiker label, gift box, tas kertas, kotak kardus, kertas pembungkus, booklet, hang tag, x-banner, brosur, katalog.

KATA KUNCI: Ubi Ungu, Brem, Sweet wine, kemasan, promosi

 

Comments are closed.