Desain Komunikasi Visual Pemanfaatan Biji Jarak Menjadi Energi Alternatif Bahan Bakar Kompor

Desain Komunikasi Visual Pemanfaatan Biji Jarak Menjadi Energi Alternatif Bahan Bakar Kompor

Krisis energi bahan bakar kompor merupakan hal yang menjadi masalah dalam lingkup masyarakat yang berehidupannya bergantung pada bahan bakar kompor, yaitu berupa minyak tanah dan gas. Namun di masa sekarang setelah konversi gas muncul sebagai pengganti minyak tanah yang semakin langka, masyarakat tetap banyak memilih menggunakan minyak tanah, padahal bahan bakar tersebut sudah sangat langka. Untuk mengatasi masalah ini maka dilakukan upaya sosialisasi pemanfaatan biji jarak menjadi energi alternatif bahan bakar kompor, karena energi alternatif adalah satu-satunya jalan menggantikan energi dari bahan bakar fosil. Dalam hal ini desain komunikasi visual yang dipakai untuk kampanye akan didesain agar lebih efektif dan efisien didalam menyampaikan pemanfaatan biji jarak menjadi energi alternatif bahan bakar kompor di Denpasar.

Jadi dalam hal ini desainer menganalisis dan melihat kesesuaian data yang didapat dari Dinas Perkebunan Bali yang bekerjasama dengan Unit Usaha Kompor Biji Jarak UB-16, dan dengan teori yang berkaitan dengan kasus yang diangkat, kesimpulannya metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif, kualitatif, dan komparatif yaitu menggambarkan fakta-fakta pemanfaatan biji jarak menjadi energi alternatif bahan bakar kompor, kemudian dilihat kesesuaiannya dengan teori-teori yang diperoleh. Adapun konsep dasar yang digunakan adalah natural, Desain yang dibuat dominan menggunakan ilustrasi fotografi, dengan warna yang mencerminkan alam sekitar dan sesuai dengan kenyataan yang ada serta penataan layout, bentuk media, warna, dan desain dibuat mampu menyampaikan informasi secara maksimal kepada masyarakat dengan harapan media yang dibuat mampu menggugah hati masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemanfaatan biji jarak menjadi energi alternatif bahan bakar kompor di Denpasar.

Dengan didesainnya media komunikasi visual ini diharapkan mampu menjadi lebih efektif, efisien, komunikatif dan tepat sasaran. Sehingga tujuan untuk mengajak dan menumbuhkan kesadaran masyarakat secara maksimal akan tercapai.

Kata Kunci : Desain Komunikasi Visual, Pemanfaatan biji jarak dan natural.

Comments are closed.