Di Atas Gelombang Laut

May 8, 2010 | Artikel, Berita

Oleh: I Made Jodog, MFa

Penciptaan Dana Dipa Isi Denpasar Tahun 2009

Konsep Garapan

Konsepsi garapan adalah Artikulasi sebuah komplik, dalam pemunculan sebuah kesadaran! Suatu perbedaan perlu dipertajam, bahkan dipertentangkan dalam menciptakan sebuah kesadaran. Mempertajam pertentangan dalam karya seni dapat menumbuhkan kesadaran, tetapi mempertajam pertentangan social menciptakan kehancuran. Pencipta mengetengahkan persoalan yang dipertajam  permasalahannya sehingga pada titik tertentu menunbuhkan pembertanyaan, perenungan  serta menumbuhkan kesadaran diri.

Dalam garapan yang berjudul Di Atas Gelombang Laut, konsep terimplementasikan dengan menciptakan bentuk-bentuk gelombang laut, serta berbagai obyek yang ada di lautan.

Gelombang-gelombang lautan yang constan dan suara yang ritmis serta meditative diciptakan dengan sesekali di pecah oleh suara gelombang yang besar, atau gelombang lautan yang kuat dan dasyat dikomplikan dengan sandal jepit yang terumpamakan sebagai sesuatu yang lemah. Obyek-obyek yang kecil ditonjolkan dalam bidang yang besar dan luas seperti lautan. Komplik terhadap berbagai obyek menimbulkan suasana tidak menentu dan ambigiu. Suasana ini diharapkan dapat mendorong perenungan untuk menumbuhkan kesadaran. Kesemuanya ini diciptakan dalam karya seni installasi dengan basis karya tiga dimensional.

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...