Diklat Program Mahasiswa Wirausaha

Diklat Program Mahasiswa Wirausaha

Bertempat di Gedung Lathamahosadi, Kamis-Jumat (24-25/3) ISI Denpasar gelar Diklat Program Mahasiswa Wirausaha, yang diikuti oleh 96 mahasiswa dari kedua fakultas , yaitu FSP dan FSRD. Diklat yang menghadirkan instruktur dari ISI Denpasar, Fakultas Ekonomi Udayana, BRI, Dinas Koprasi Pemkot Denpasar, dan juga alumni yang telah berhasil sebagai wirausaha muda. Diklat yang dibuka secara resmi oleh Rektor ISI yang diwakili oleh PR I, menyoal topik kewirausahaan, komunikasi bisnis, etika bisnis, kebijakan pembinaan UKM, manajemen pemasaran bagi UKM, manajemen SDM bagi UKM, manajemen produksi, manajemen keuangan, skim kredit bagi UKM, penyusunan bisnis plan, serta kiat-kiat pengusaha muda.

Rektor ISI dalam sambutannya yang diwakili oleh PR I, Drs. I Ketut Murdana,M.Si. mengatakan bahwa dengan semakin sulitnya lulusan perguruan tinggi mendapatkan pekerjaan, akan muncul banyak pengangguran “berdasi” yang sangat berdampak buruk terhadap stabilitas sosial dan masyarakat. “Atas nama pimpinan, kami sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah mengikuti diklat ini, dan juga para instruktur dan panitia yang terlibat. Program Mahasiswa Wirausaha ini merupakan langkah strategis untuk mempersiapkan peserta didik untuk mampu menciptakan lapangan kerja (job creator),” papar Murdana.

Hadir pula dalam pembukaan diklat tersebut,Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Drs. IMade Subrata, M.Si. melaporkan bahwa mata kuliah kewirausahaan sudah masuk dalam kurikulum ISI Denpasar. Dengan pendidikan akademik dan kewirausahaan, lulusan akan mampu menciptakan usaha kecil sesuai dengan program studi yang dipelajari.         “Selain itu, kegiatan kemahasiswaan ISI Denpasar, dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2011 telah berhasil memenangkan 5 proposal yang terdiri dari 3 dalam bidang pengabdian masyarakat, dan 2 dalam bidang penelitian. Untuk tahun ini,ISI Denpasar mengirimkan 40 proposal PKM AI (Artikel Ilmiah) dan PKM GT (Gagasan Tertulis). Semoga dengan usaha keras dan keuletan mahasiswa,semakin banyak proposal yang akan lolos,”harap Subrata didampingi Kepala Biro bidang akademik, Drs. I Gusti Bagus Priatmaka,M.M. yang juga hadir dalam acara diklat selama dua hari tersebut.

Humas ISI Denpasar melaporkan.

Comments are closed.