Dirumuskan, Porsi Bantuan Dana ke PTN

Dirumuskan, Porsi Bantuan Dana ke PTN

JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menjelaskan, pihaknya tengah menyiapkan struktur anggaran khusus, terutama untuk jenjang perguruan tinggi negeri (PTN). Mendiknas menjelaskan, struktur anggaran khusus ini bertujuan untuk menghadapi adanya rencana penghapusan penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri di tahun 2012 mendatang.
Dikatakan, sumber anggaran di PTN tersebut ada tiga macam. Pertama, berasal dari siswa melalui SPP. Kedua, dari pemerintah. Ketiga, dari dana mandiri PTN melalui kerjasama riset.  Menurutnya, struktur anggaran ini ke depannya  akan lebih ditata kembali terutama mengenai porsi dana pendapatan PTN.
“Ke depan, struktur ini akan kita tata kembali terutama mengenai porsi. Misalnya, jika PTN dapat menaikkan porsi pendapatan dari dana penelitannya, maka pemerintah akan memberikan insentif. Sebaliknya, jika PTN menaikkan porsi pendapatan dari besaran SPP mahasiswa, maka pemerintah akan menurunkan insentifnya. Turunkan di sini artinya mengurangi,” jelas Mendiknas ketika ditemui usai rakat kerja (Raker) bersama Komisi X di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/1).
Mendiknas menyebutkan, porsi dana pendapatan setiap PTN berbeda-beda. Mendiknas mengumpamakan, jika awalnya dana penelitian mencapai Rp 1 miliar dan dana insentif pemerintah Rp 100 miliar, maka jika PTN mampu menaikan dana penelitian hingga Rp 2 miliar, dana insentif akan ditambah menjadi Rp 120 miliar. “Sehingga, jika PTN menaikkan dana penelitian, maka secara otomatis anggaran total seluruh PTN yang bersangkutan akan naik drastis,” ujarnya.
Dijelaskan, masalah ini tidak membutuhkan persetujuan PTN. “Masalah ini bukan urusan setuju tidak setuju, tetapi ini policy ke depan di tahun 2012.Sehingga, dengan adanya struktur anggaran seperti itu maka kawan-kawan (PTN) akan semakin bersemangat,” imbuhnya. (cha/jpnn)

Sumber: jppn.com

Comments are closed.