Dosen Bahasa Inggris ISI Denpasar Lolos Seleksi PDEC Batch 2 yang Diselenggarakan Dikti

Dosen Bahasa Inggris ISI Denpasar Lolos Seleksi PDEC Batch 2 yang Diselenggarakan Dikti

Putu Agus Bratayadnya, S.S., M.Hum. (kanan) sedang presentasi paper kepada Peserta PDEC lainnya.

Putu Agus Bratayadnya, S.S., M.Hum. (kanan) sedang presentasi paper kepada Peserta PDEC lainnya.

Kiriman: Putu Agus Bratayadnya, S.S., M.Hum. (Dosen PS. Fotografi). 

Malang- Sebagai ajang pelatihan bagi dosen-dosen se-Indonesia yang berminat untuk kuliah di luar negeri, DITDIKTENDIK, DITJEN DIKTI, Kementerian Pendidikan Nasional, memberi peluang bagi seluruh dosen untuk mengikuti program kursus bahasa yang dikenal dengan istilah Pre Departure English Course (PDEC). Salah satu dosen ISI Denpasar, Putu Agus Bratayadnya, S.S., M.Hum.  lolos  seleksi untuk dapat mengikuti pelatihan selama 6 bulan dari tanggal 4 Juni 2012 hingga 4 Desember 2012, bertempat di Universitas Negeri Malang (UM). Bersama 11 peserta lain, Agus yang merupakan dosen bahasa Inggris ISI Denpasar mengikuti kursus International English Language Testing Sistem (IELTS).  

Peserta PDEC mengikuti proses belajar mengajar dari senin s/d jumat, dimana mereka dituntut untuk mengikuti pelatihan minimal 90%. Pelatihan dimulai pada jam 7.00 pagi dan berakhir pada jam 15.30. Kegiatan pembelajaran dibagi menjadi dua (2) bagian. Bagian pertama, peserta pelatihan belajar bertatap muka dengan dosen pengajar di kelas yang terdapat pada Balai Bahasa dan Budaya yang dimulai sejak pukul 7.00 pagi s/d 11.30 siang dimana para peserta PDEC dilatih dan diasah kemampuan bahasa Inggrisnya di bidang listening (mendengar), reading, (membaca), writing (menulis), speaking (berbicara), grammar (tata bahasa) dan Abroad Study Orientation/ASO (Pembelajaran Mengenai Budaya Luar Negeri). Total pembelajaran di dalam kelas mencapai 720 jam.

Peserta PDEC foto bersama salah satu dosen pengajar.

Peserta PDEC foto bersama salah satu dosen pengajar.

Selain itu, peserta juga diberi kegiatan belajar mandiri di laboratorium bahasa yang terdapat di Fakultas Sastra dan Bahasa Universitas Negeri Malang (UM). Mereka belajar di lab bahasa UM yang bernama Intensive Self-Active Centre (ISAC) dari pukul 13.00 siang sampai selesai yaitu pukul 15.30. Di ISAC, para peserta dapat memilih sendiri materi-materi pelajaran yang diperlukan baik berupa buku-buku, artikel-artikel maupun akses internet dan televisi kabel yang berhubungan dengan materi-materi persiapan untuk menghadapi International English Language Testing System (IELTS).

Selain pelatihan para peserta pelatihan juga mengikuti acara seminar yang diadakan oleh universitas asing untuk mendapatkan informasi tentang atmosfer belajar-mengajar di Universitas asing tersebut.

Comments are closed.