English Debating Contest Sebagai Upaya ISI Denpasar Untuk Go International

English Debating Contest Sebagai Upaya ISI Denpasar Untuk Go International

kokik (Denpasar-Humasisi)Menjelang Dies Natalis VI dan Wisuda Sarjana VII beragam perlombaan  dan acara telah dilaksanakan oleh civitas akademika ISI Denpasar. Salah satunya adalah Lomba  Debat Bahasa Inggris tingkat Mahasiswa (English Debating Contest) yang dilangsungkan di gedung  Lata Mahosadi pusat Dokumentasi (PUSDOK) ISI Denpasar pada hari Kamis (23/7). Acara tersebut  dibuka oleh Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S, MA dan dihadiri oleh Pembantu Rektor I  yang bertindak sebagai ketua panitia Acara Dies Natalis VI Wisuda Sarjana VII, Pj. PR III, Pj. PR IV,  Pj. Dekan FSRD, Jajaran Struktural kedua Fakultas, panitia, dan mahasiswa peserta.

Menurut Ketua Panitia Lomba Debat Bahasa Inggris 2009 yang juga Penjabat Pembantu Rektor III ISI  Denpasar Drs. I Made Subrata, MSi, Lomba debat ini diikuti oleh 24 orang peserta dari kedua Fakultas  yang ada di ISI Denpasar. Hampir semua Program Studi mengirimkan peserta lomba kecuali program Studi Tari, ke depannya akan terus didorong dan dibimbing agar semua Program Studi dapat mengirimkan peserta lomba. Peserta terbanyak berasal dari Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan perincian 9 dari DKV, 6 dari Desain Interior, 1 orang dari Fotografi. Sedankan dari Fakultas Seni Pertunjukan 2 orang dari Pedalangan dan 3 orang dari Karawitan. Subrata mengharapkan dengan diadakannya lomba debat ini, kemampuan bahasa inggris mahasiswa dapat meningkat sehingga dapat meluaskan wawasan dan networking-nya ke dunia internasional. Subrata juga tidak dpat menyembunyikan rasa bangganya atas antusiasme yang mengikuti lomba dan ke depannya peserta dapat dilibatkan dalam berbagai event-event international seperti pameran, pertukaran mahasiswa, workshop ataupun study banding ke luar negeri.

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia yang telah bekerja keras sehingga acara debat ini berlangsung dan khususnya kepada peserta Lomba Debat ini. Sesuai dengan Visi ISI Denpasar yang berbasis keunggulan lokal dengan  standar internasional, kita sebagai seniman dan desainer tidak bisa  lepas dari  hubungan dengan dunia internasional, apalagi sekarang jaman globalisasi dan digital informasi yang sangat progresif perkembangannya. Jadi kita harus meningkatkan kemampuan bahasa asing kita agar tidak ketinggalan mengenai perkembangan disiplin ilmu yang kita geluti. Prof. Rai juga berencana mengadakan kursus bahasa Inggris gratis bagi mahasiswa yang berprestasi dan khususnya bagi peserta lomba Debat Bahasa Inggris ini, Apalagi kebanyakan mahasiswa peserta lomba ini masih duduk di semester II jadi masih banyak waktu untuk digembleng dan dikembangkan lagi. Ini semata-mata perhatian kampus terhadap peningkatan bahasa inggris mahasiswa agar bisa go international.

Lomba Debat bahasa Inggris ini dibagi menjadi 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final, dan yang bertindak sebagai ajudicator/juri adalah Dr. I Nyoman Suteja, M.Hum (FSP), Ni Ketut Dewi Yulianti, S.S, M.Hum (FSP) dan Putu Agus Bratayadnya, S.S,M.Hum (FSRD). Setelah melaksanakan lomba adapun Juaranya adalah Juara I Karina Kurniawan, Juara II Septiariwati, Juara III Bagus Adrianto Setiawan, Juara Harapan I diraih oleh Anak Agung Gede Dhamata, Juara Harapan II Shielda Ryandini. Penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada malam kesenian yaitu pada tanggal 26 Juli 2009. Para juara akan menerima Piala, Piagam penghargaan dan kesempatan untuk dikirim ke Lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional. Para peserta mengikuti dengan sangat antusias dan terlihat keakraban diantara mereka meskipun sedang berkompetisi.

Comments are closed.