Fakultas Seni Rupa dan Desain Kersos Di Pura Balingkang

Fakultas Seni Rupa dan Desain Kersos Di Pura Balingkang

Kerja sosial (Kersos) mahasiswa FSRD ISI Denpasar dilaksanakan kemarin (10/12)  di Pura Dalem Balingkang Desa Pinggan kecamatan Kintamani Bangli. Kersos ini merupakan sebuah bentuk aplikasi pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan keseimbangan antara masyarakat dengan dunia kampus, sehingga kampus tidak menjadi menara gading. Menurut Dekan FSRD, Dra.Ni Made Rinu, M.Si., didampingi PD III FSRD, kersos merupakan kegiatan wajib mahasiswa yang diatur dalam  SKKM. Pihaknya berharap, kegiatan ini menjadi sarana untuk meningkatkan  kepekaan mahasiswa terhadap situasi sosial, sehingga akan terjadi respon untuk memeperkuat posisi akademik, yang sangat bermakna untuk membangun karakter bangsa.

Kersos yang berlangsung selama satu hari dan melibatkan 175 mahasiswa dan dosen ini, dimaksudkan untuk membantu memberdayakan masyarakat setempat dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan program pemerintah  Bali untuk menyukseskan “Program Clear and Green” dan juga wujud bakti masyarakat kampus terhadap TuhanYang Maha Kuasa. Terlebih lagi Kersos kali ini masih dalam suasana hari Raya Galungan dan Kuningan sehingga prajuru Desa Pinggan menyambut dengan positif kegiatan ini sebagai salah satu bentuk yadnya, sehingga Kersos ini juga dapat dikatakan sebagai wujud pelaksanaan masimakrama antara masyarakat Pinggan selaku pengempon Pura Dalem Balingkang dengan mahasiswa FSRD ISI Denpasar. Kegiatan ini meliputi persembahyangan bersama, penyerahan bantuan mesin pemotong rumput, melakukan kerja bakti membersihkan areal Pura, dan penataan taman pura.

”Kegiatan ini hendaknya menjadi ajang untuk menggali inspirasi bagi mahasiswa dan dosen, sehingga muncul vibrasi baru setelah kersos di pura tersebut.Kersos ini tentunya juga merupakan  implementasi dari Tri Hita Karana,” ujar Rektor ISI, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. dalam sambutannya saat melepas mahasiswa peserta Kersos. Hadir pula dalam acara ini ketua senat mahasiswa FSRD, R. Koen Adji Pratama yang juga turut berpartisipasi dalam Kersos tersebut.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.