Fenomena Kehidupan Perempuan Tua Sumber Inspirasi Dalam Penciptaan Karya Seni Lukis

Dec 7, 2011 | Berita, Galeri

Skrip karya  ini mengambil tema “ Fenomena Kehidupan  Perempuan Tua Sebagai Sumber Inspirasi  Dalam Penciptaan Karya Seni Lukis”. Berawal dari melihat dan memperhatikan  tentang kehidupan perempuan tua  yang menyentuh perasaan  yang mengarah pada filosofi tentang hakekat kehidupan, ketika perempuan mulai tua ia akan semakin berpegang teguh pada  perbuatan dan tingkah laku yang bijak  kesopanan dan kerendahan hati. Dari sudut pandang itulah menjadikan dorongan untuk pencipta  mengangkat perempuan tua sebagai sumber inspirai dalam penciptaan karya seni lukis.

Untuk mempermudah proses perwujudan karya diperlukan kajian sumber sebagai referensi di dalam pencipta berkarya. Adapun kajian yang diterapkan dalam penciptaan ini adalah melalui  pengamatan obyek, pengamatan karyadari seniman lain, dari media komunikasi dan media cetak lainnya, yang kemudian diteruskan pada proses penciptaan melalui tahap penjelajahan, tahap eksperimen, dan tahap pembentukan, sehingga terwujud karya yang sesuai tema yang diinginkan.

Akhirnya dapat disimpulkan terkait dengan tema bahwa sosok kehidupan perempuan tua mempunyai permasalahan yang komplek dan terkadang sangat sulit untuk dipecahkan, sehingga mampu mebangkitkan inspirasi seni  yang mendorong munculnya ide-ide pencipta untuk merealisasikan semua itu kedalam karya seni lukis. Dalam visual karya  pencipta menggunakan teknik dusel, dan teknik kerok.

Kata kunci : Fenomena Perempuan Tua, penciptaan seni lukis

  

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...