FKMFI, Wali Kota Sebagai Keynote Speaker “Kota Denpasar Kreatif Dan Berbudaya

FKMFI, Wali Kota Sebagai Keynote Speaker “Kota Denpasar Kreatif Dan Berbudaya

Kiriman Arba Wirawan, Ka. Prodi. Fotografi.

Denpasar,  Delegasi Panitia Forum Komunikasi Mahasiswa Fotografi Se Indonesia (FKMFI) diterima Wali Kota Denpasar, diwakili Asisten II Administrasi Pembangunan, Ir. IGN Eddy Mulya, SE.M.Si didampingi dari Dinas Kebudayaan dan Dinas Kesra di ruang kerjanya Rabu,(4/5). Pemerintah Kota menyambut baik pelaksanaan forum mahasiswa ini, saya mohon mahasiswa fotografi dapat menjadi tuan rumah yang baik menunjukkan karakter budaya Bali. kata Eddy. Sesuai dengan visi pemerintah kota Denpasar sebagai kota yang kreatif dan berbudaya, sejalan dengan tema kegiatan FKMI yang mengusung “Tri Hita Karana” Photography as creativity to realize peace, love and harmony, Imbuh Eddy.

Sehubungan dengan penyelenggaraan FKMFI Wali Kota denpasar, akan menjadi key note speaker :Denpasar sebagai kota kreatif dan berbudaya pada pelaksanaan seminar dan worksop nantinya. Kegiatan ini juga direncanakan akan dibuka oleh Bapak Dirjen Pendidikan Tinggi atau bapak rektor ISI Denpasar. Selanjutnya panitia akan mohon audensi bimbingan kepada bapak gubernur Bali dalam pelaksanaan ini iatuntuk dapat memberikan arahannya kepada mahasiswa ISI.

Kegiatan FKMFI ini juga melibatkan Fakultas Seni Pertunjukan , Jurusan Tari dan Pedalangan termasuk Musik yang akan terbentuk menjadi jurusan baru nantinya. Ketua Program Studi Fotografi mohon dukungan baik moril dan materiil kepda semua pihak demi kelancaran kegiatan ini. Saya mengharapkan peran seluruh civitas akadmika ISI Denpasar, untuk dapat membingbing kami sebgai Program Studi Baru, harap Arba Wirawan.

Program Studi Fotografi, FSRD, ISI Denpasar, dipinpin ketua Program studinya I Komang Arba Wirawan,S.Sn.,M.Si dan I Made Saryana,S.Sn.,M.Sn sekretaris dan Ketua HMJ Ngurah Arya Sutawan dan ketua panitia I Gede Budiwijaya, dan Adie Darmawan dan Devira. Pada kesempatan itu diserahkan hasil karya foto “Beauty of Denpasar” kepada Bapak Walikota.

Kegiatan nasional berupa forum komunikasi mahasiswa Indonesia (FKMFI), yang memiliki misi peran mahasiswa dalam pembangunan nasional yang diselenggarakan di ISI Denpasar Bali. Berikut sekilas sejarah FKMFI yang memiliki peran ajang silahturahmi dan ajang kreativitas mahasiswa se Indinesia.

Forum Komunikasi Mahasiswa Fotografi Indonesia (FKMFI) pertama kali diadakan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada tanggal 25 Oktober 2005, dan dideklarasikan di Bandung 2 Maret 2005. Dengan berasaskan kebersamaan, kekeluargaan, dan kesetaraan, FKMFI ingin menjalin jaringan komunikasi dan kerjasama antar mahasiswa Fotografi dan masyarakat dengan potensi lokal yang beragam, sehingga dapat menumbuhkembangkan seni fotografi di Indonesia.

FKMFI pada kesempatan kali ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Fotografi ISI Denpasar pada tanggal, 2 –4 Juli 2011 , dengan mengangkat tema Tri Hita Karana : photography as creativity to realize peace, love and harmony.

Tri Hita Karana adalah ajaran tentang tiga cara untuk mencapai kebahagiaan hidup. Tiga cara ini adalah hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, serta manusia dengan alam lingkungannya. Jika seseorang mampu menjalankan ketiga hal tersebut dengan baik, niscaya akan memperoleh kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup. Ketiga hubungan yang harmonis inilah yang diharapkan bisa menjadi inspirasi dalam berkarya seni fotografi. Karya foto yang dihasilkan nantinya diharapkan mampu membawa sebuah harmoni, menunjukan kreativitas berkarya yang membawa kedamaian dan cinta ke dalam kehidupan manusia.

Comments are closed.