FSP ISI Denpasar Gelar Lomba Karya Cipta Seni

FSP ISI Denpasar Gelar Lomba Karya Cipta Seni

Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia  (ISI) Denpasar menggelar lomba karya cipta seni pertunjukan dari tanggal 10-12 November 2011. Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor ISI Denpasar, Prof.Dr. I Wayan Rai S.,M.A. di Gedung Natya Mandala,Kamis pagi (10/11). Lomba yang diikuti oleh SMU/SMK se-Bali ini adalah untuk yang pertama kali,mengingat tahun sebelumnya lomba serupa diadakan hanya secara interen.Adapaun  tujuan dari lomba ini adalah untuk memberikan peluang ruang dan waktu kepada siswa-siswa SMU/SMK untuk meningkatkan kreativitas dan daya nalar dan juga hubungan timbal balik antara lembaga SMU/SMK se-Bali dengan ISI Denpasar , sehingga lulusan SMU/SMK yang ingin memperdalam bidang penciptaan dan pengkajian seni dapat melanjutkan perkuliahan di ISI Denpasar.
Lomba karya cipta seni pertunjukan ini pada hari pertama menampilkan para penari Oleg Tamulilingan dan Bondres, pada hari kedua adalah tari Kebyar Terompong, dan pada hari ketiga adalah Tari Wiranjaya dengan peserta khusus mahasiswa Jurusan Tari ISI Denpasar

'Para dewan juri yang diundang dalam lomba ini telah melahirkan seniman yang ada d ISI Denpasar. Kami selaku Pimpinan mengucapkan terma kasih atas kesediaan Dewan Juri dalam lomba ini. Kepada Dekan FSP, untuk lomba berikutnya, kiranya dapat digelar  lomba 'Champion of the Champion' untuk para seniman. Artinya, lomba diadakan dengan peserta yang sudah pernah mendapat juara,” ujar Prof Rai dalam sambutannya.

Dekan FSP, I Ketut Garwa yang ditemui di sela-sela acara mengatakan bahwa dalam lomba ini disediakan hadiah uang tunai senilai total dua belas juta rupiah, piagam, serta tropy. “Lomba ini merupakan salah satu penguatan akademik yang melibatkan  Senat,BEM, HMJ FSP ISI Denpasar, dan terkait dengan publikasi, promosi untuk kegiatan ISI Denpasar yang  mengacu pada Visi dan Misi FSP; menjadi pusat penciptaan, pengkajian, penyaji dan pembina seni pertunjukan yang unggul berwawasan kebangsaan demi memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai perkembangan zaman.
Adapun dewan juri dalam lomba ini adalah Ni Ketut Arini Alit,SST.,Dra. Gusti agung mas Susilawati, Ketut suarta SST. MM.. MSi., I Ketut Suanda,S.Sn., dan I Wayan Juana Adi Saputra,S.Sn.
Pemenang dari masing-masing lomba tahun ini adalah: Bondress dengan juara 1,2, dan 3 masing-masing SMKN 3 Sukawati, SMA Lab Undiksa Singaraja, dan SMAN4 Singaraja. Untuk Tari Oleg Tamulilingan SMAN 3 Denpasar keluar sebagai juara pertama, disusul  SMKN 3 Sukawati di posisi kedua, dan SMAN 4 Denpasar di posisi ketiga. Untuk Tari Kebyar Terompong, juara pertama direbut oleh SMKN 3 Sukawati, SMAN 1 Denpasar sebagai juara kedua, dan juara ketiga adalah SMAN 3 denpasar.

Untuk lomba Tari Wiranjaya yang diikuti oleh peserta khusus ISI Denpasar, diraih oleh mahasiswa Jurusan Tari semester V sebagai juara pertama, disusul oleh mahasiswa Jurusan Tari semester I,dan juara ketiga adalah mahasiswa Jurusan Tari semester VII. Untuk lomba tata rias Tari Wiranjaya, diraih oleh mahasiswa Jurusan Tari semester I.
Setelah pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang, lomba karya cipta seni Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar tahun 2011 ini, ditutup secara resmi oleh Rektor ISI Denpasar.

 

 

Comments are closed.