FSP ISI Denpasar Gelar Seminar Nasional Seni Pertunjukan

FSP ISI Denpasar Gelar Seminar Nasional Seni Pertunjukan

DSCF4218Kiriman : Nyoman Lia Susanthi, SS., MA (Dosen Ps. Film Dan Televisi ISI Denpasar)

Foto : I Gusti Ngurah Oka Ariwangsa, SE

Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar mengadakan seminar nasional seni pertunjukan pada Senin 27 Oktober 2014 bertempat di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar. Hal ini sejalan dengan visi FSP ISI Denpasar yakni menjadi pusat unggulan (center of excellence) seni pertunjukan berbasis nilai-nilai kearifan lokal dan berwawasan universal. Dekan FSP I Wayan Suharta, S.SKar., M.Si menambahkan seminar ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di FSP, menumbuhkembangkan budaya meneliti dan mencipta, menyelenggarakan, menghasilkan serta menyelenggarakan penelitian dan penciptaan yang berkualitas nasional maupun internasional berorintasi pada penggalian, pemetaan, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya heritage (warisan budaya) untuk mewujudkan FSP sebagai pusat dokumnetasi dan informasi tentang seni pertunjukan.

Sementara Ketua Pelaksana I Dewa Ketut Wicaksana, SSP.,M.Hum mengatakan bahwa tema yang diangakat dalam seminar sehari ini adalah “Seni tradisi sebagai sumber inspirasi penelitian dan karya cipta seni pertunjukan”. Tema ini sejalan untuk menemukan kebenaran, menghasilkan konsep, teori, metode, model maupun karya baru dalam rangka memperluas, memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.DSCF4216

DSCF4317

Seminar dibuka oleh Rektor ISI Denpasar Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.Skar., M.Hum sekaligus sebagaikeynote speaker yang memberikan kebijakan terkait “Pergulatan Ideologi Dalam Penciptaan Musik Bali”. Selanjutnya diisi dengan para pembicara yaitu Prof. Dr. Sumandiyo Hadi, SST., SU dari ISI Yogyakarta dengan judul “Pewarisan Tradisi Kerakyatan dan Istana Sebagai Sumber Pengkajian dan Penciptaan Karya Seni”. Pembicara dari UNHI yaitu Prof. Dr. Ida Bagus Gede Yudha Triguna, MS dengan judul “Nilai Agama: Sumber Inspirasi Penelitian dan Karya Cipta Seni Pertunjukan”, pembicara dari Fakultas Sastra UNUD yaitu Prof. Dr. I Nyoman Suarka, M.Hum dengan judul materi “Karya Sastra Tradisional Sebagai Sumber Inspirasi Pengkajian dan Penciptaan Seni” serta pembicara dari ISI Denpasar yaitu Prof. Dr. I Wayan Dibia, S.ST., MA dengan judul materi “Menjadikan Seni Tradisi Sebagai Sember Penciptaan dan Pengkajian”.

Hadir sebagai peserta adalah seluruh dosen Fakultas Seni PErtunjukan ISI Denpasar perwakilan dari Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Fakultas Sastra UNUD, UNHI Denpasar, Fakultas Dharma Acarya IHDN, IKIP PGRI Denpasar serta karyasiswa S2 ISI Denpasar.

Comments are closed.