FSRD Gelar Pameran Pendidikan dan Workshop Klasik Wayang Kamasan

FSRD Gelar Pameran Pendidikan dan Workshop Klasik Wayang Kamasan

Narasumber Drs. Made Yasana, M.Erg serta Ketut Muriati, S.Sn tengah memberikan pelatihan wayang kamasan

Narasumber Drs. Made Yasana, M.Erg serta Ketut Muriati, S.Sn tengah memberikan pelatihan wayang kamasan

Kiriman: Nyoman Dewi Pebriyani, S.T., M.A. (Dosen PS Desain Interior).

Denpasar- Di Penghujung tahun 2012, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar tak pernah surut mengadakan kegiatan baik yang bersifat internal maupun eksternal. Kali ini Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) mengadakan Pameran Pendidikan bertempat di Gedung Kriya Hasta Mandala ISI Denpasar, Rabu, (19/12). Acara yang menampilkan karya-karya mahasiswa dari seluruh jurusan di FSRD ini terbilang istimewa karena dibuka oleh Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S, MA, serta dihadiri oleh beberapa orang assessor dari BAN-PT yang selama seminggu ini sedang melakukan akreditasi di seluruh jurusan di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain.
Prof Rai mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat positif karena kampus ISI Denpasar didemo oleh karya-karya mahasiswa yang luar biasa kreatif, diharapkan kedepannya mahasiswa mampu mempertahankan hal-hal positif yang telah ditanamkan ini, “Di tahun mendatang kampus ISI Denpasar telah menyiapkan gedung-gedung baru yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menampilkan karya-karya mahasiswa” ungkapnya. Disamping acara pameran pendidikan, pada saat pembukaan juga diramaikan oleh body painting yang menggunakan model dari Jurusan Desain Fashion kolaborasi dengan mahasiswa dari Jurusan Seni Rupa Murni.
Tak berselang lama usai mengadakan Pameran Pendidikan, FSRD kembali mengadakan Workshop Seni Klasik Wayang Kamasan bertempat di Gedung Natya Mandala pada hari Jumat (21/12) dan turut mengundang Narasumber Drs. Made Yasana, M.Erg serta Ketut Muriati, S.Sn untuk memberikan pelatihan wayang kamasan yang juga didampingi oleh beberapa dosen pembimbing dari ISI Denpasar. Acara yang dibuka oleh Dekan FSRD, Dra. Ni Made Rinu, M.Si, dihadiri oleh pejabat struktural di lingkungan ISI Denpsasar dan mahasiswa sejumlah 133 orang dari seluruh jurusan.
Dalam kesempatan ini Dekan FSRD, Dra. Ni Made Rinu, M.Si, mengungkapkan bahwa kegiatan workshop wayang kamasan ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa agar tidak melupakan identitas daerah Bali, khususnya Wayang Kamasan. “Usai mengadakan workshop, kedepannya mahasiswa akan diarahkan untuk melanjutkan mural wayang kamasan yang saat ini sudah dibuat di areal parkir lingkungan kampus” ungkapnya.
Proses workshop wayang kamasan yang dilaksanakan hingga sore hari tidak menyurutkan antusiasme mahasiswa. Ditemui dalam kesempatan yang sama, salah satu mahasiswa mengungkapkan bahwa workshop ini merupakan kegiatan yang menyenangkan karena dilatih oleh narasumber yang memang mengetahui seluh beluk wayang kamasan secara detail”, ungkapnya.

Comments are closed.