FSRD ISI Denpasar Bertolak ke Australia

FSRD ISI Denpasar Bertolak ke Australia

Denpasar- Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar tengah bersiap untuk melakukan pameran, seminar dan workshop Internasional bertempat di The Faculty of Architecture, Landscape and Visual Arts, University of Western Australia pada tanggal 16-20 Agustus 2010. Kerjasama ini sebagai bentuk realisasi dari penandatanganan MOU antara ISI Denpasar dengan University of Western Australia. Kerjasama (UtoU) ini sudah terjalin sejak 4 tahun yang lalu, banyak kegiatan sudah dilahirkan dari kerjasama ini, diantaranya salah satu dosen Visual Arts Paul Trinidad, beberapa waktu lalu menggelar seminar tentang promosi karya seni rupa dan desain lewat internet. Dimana University of Western Australia telah membuat website yang memuat karya-karya mahasiswa dan dosen dari University of Western Australia dan ISI Denpasar. Diharapkan para dosen dan mahasiswa FSRD ISI Denpasar dapat mengisi content-nya dengan memajang karyanya disana. Web tersebut dinamakan “truly bagus” sebuah Bridge of culture (Jembatan kebudayaan) yang bermakna estetika yang tinggi dalam dua bahasa Inggris dan Indonesia. Tujuan pembuatan website ini adalah media promosi agar masyarakat dunia secara umum dan masyarakat Indonesia dan Australia pada khususnya dapat melihat karya mahasiswa dan dosen dari kedua Universitas, sehingga bisa memberikan input terhadap peningkatan kualitas karya, baik secara akademis maupun komersial.

Pameran Internasional akan berlangsung dari tanggal 16 Agustus hingga 3 September 2010 bertempat di Cullity Gallery, Faculty of Architecture, Landscape and Visual Arts, University of Western Australia. Sementara pada tanggal 17 Agustus 2010, rencananya rombongan akan merayakan Hari Kemerdekaan RI di Kedutaan Besar Indonesia di Perth. Dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Internasional yang dibawakan oleh para dosen ISI Denpasar, diantaranya Dr. Drs. I Nyoman Artayasa, M.Kes dengan makalah berjudul ‘Ergonomics and the three harmony relationships inspiring Traditional Architecture’, Putu Agus Bratayadnya, S.S., M.Hum. membahas tentang ‘The Color Meaning in Kamasan Painting’ serta Nyoman Lia Susanthi, S.S. dengan makalah berjudul ‘The Analysis of Communicative Meaning in Kamasan Painting Through Semiotic Approach: Bima Swarga Case Study’.

Setelah seminar usai akan dilanjutkan dengan workshop tentang proses pembuatan lukisan Kamasan Bali.

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA menanggapi dengan baik kerjasama ini dan mengharapkan realisasi kerjasama antara University of Western Australia dengan ISI Denpasar dan antara FSRD ISI denpasar dengan Faculty of Architecture, Landscape and Visual Arts University of Western Australia, sebagai langkah nyata untuk meningkatan akuntabilitas dosen dan Internasionalisasi kampus seni khususnya ISI Denpasar. Besar harapan ini mampu meningkatkan citra positif ISI Denpasar dan Bangsa Indonesia di tingkat Internasional.

Dekan FSRD ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu, MSi menyambut gembira dan menanggapi secara serius dengan mempersiapkan diri secara maksimal. Berharap transfer ilmu dan wawasan tentang perkembangan dunia seni rupa di dunia internasional dapat ditingkatkan. Dengan kerjasama ini juga dapat menambah networking kita di dunia dan diharapkan dapat memotivasi diri untuk mengasah kualitas dan kemampuan diri agar dapat bersaing di tingkat internasional.

Mr. Paul Trinidad sangat senang bisa bekerjasama dengan ISI Denpasar khususnya dan Bali pada umumnya. Apalagi dosen pecinta seni rupa Bali ini sangat menyukai lukis Wayang Kamasan dan mengharapkan kesenirupaan Bali banyak diangkat ke pentas internasional karena mempunyai ciri khas, filosofi dan nilai estetika yang tinggi.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.