FSRD ISI Denpasar Gelar Studi Ekskursi Menuju Yogyakarta

FSRD ISI Denpasar Gelar Studi Ekskursi Menuju Yogyakarta

Kiriman: Nyoman Dewi Pebriyani, S.T., M.A. (Dosen PS Desain Interior). 
Yogyakarta - Guna memperluas wawasan seni serta menjalin sinergi dengan lembaga dan pemerintah dalam bidang kesenian, maka setiap tahunnya Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) menggelar kegiatan studi ekskursi. Kegiatan ini juga sebagai salah satu tindak lanjut dari program kemahasiswaan ISI Denpasar serta realisasi program kerja Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar 2012, bidang kemahasiswaan.
Dekan FSRD, Dra. Ni Made Rinu, M.Si, didampingi para Pembantu Dekan FSRD menyampaikan bahwa pada tahun ini FSRD ISI Denpasar yang terdiri dari 5 jurusan mengadakan kegiatan studi ekskursi ke Yogyakarta, Jawa Tengah. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 11 Desember 2012 memfokuskan kegiatan di Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK). Adapun peserta studi ekskursi  adalah mahasiswa  Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar yang duduk di semester V. Seluruh peserta berjumlah 123 orang, yang terdiri dari dosen pembimbing 10 orang dan panitia sejumlah 26 orang dan mahasiswa sejumlah 87 orang.
Pembantu Dekan III FSRD ISI Denpasar yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana, Drs. DA Tirta Ray, M.Si mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini berisi tiga agenda kegiatan inti yaitu Seminar “Semiotika”, workshop batik, lukis, animasi dan keramik, serta penandatangan MoU  antara ISI Denpasar dengan P4TK. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S, MA, dengan ketua P4TK, Drs. Sardi, M.Pd yang turut dihadiri oleh Pembantu Rektor III ISI Denpasar, Drs. Made Subrata, M.Si, Dekan FSRD beserta jajarannya, serta senat mahasiswa juga diajak untuk memberi wawasan dan pemikiran, serta memperkenalkan sebuah bentuk kerjasama.
Kegiatan workshop berlangsung tanggal 10 Desember 2012 bertempat di Auditorium P4TK. Workshop terbagi dalam 3 materi berbeda yaitu mahasiswa jurusan lukis mendapatkan materi lukis yang diberikan oleh Drs. Basuki Sumartono, M.Sn, mahasiswa jurusan Kriya diberikan meteri tentang workshop keramik dengan instruktur Drs. Taufik Eko Yanto, dan batik oleh Drs. Parjiyah, M.Sn, dan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual mendapatkan materi tentang Animasi oleh instruktur Slamet Raharjo, S.Sn.
Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A., yang memberikan sambutan pada saat penandatangann Mou, beliau mengungkapkan bahwa diharapkan dengan penandatanganan MoU ini diharapkan peningkatan kualitas pendidikan.  “Dengan adanya kegiatan studi ekskursi di P4TK bersamaan dengan penandatanganan MoU ini, merupakan wujud nyata implementasi dari MoU tersebut, sehingga tidak hanya diatas kertas namun wujud nyata telah dilaksanakan ” ungkap Prof. Rai.

Comments are closed.