Fungsi Seni kerajinan Ukir Batu Padas Sukawati I

Fungsi Seni kerajinan Ukir Batu Padas Sukawati I

Oleh Drs. I Wayan Suardana, M.Sn

Keberadaan seni kerajinan ukir batu padas di tengah masyarakat, pada awalnya merupakan kegiatan sampingan. Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan per-kembangan zaman, maka usaha seni kerajinan batu padas di Sukawati merupakan salah satu potensi yang dapat dihandalkan dan dikembangkan. Tumbuhnya seni ke-rajinan ini, merupakan kreativitas masyarakat dalam mengantisipasi kondisi sosial ekonomi. Menurut keterangan perajin setempat, kagiatan ini merupakan suatu bentuk usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi masyarakat. Seni kerajinan ukir batu padas, sebagai salah satu pilihan usaha, khusus bagi di dalam masyarakat Sukawati telah melibatkan hampir semua masyarakat, sehingga semua aktivitas keseharian didominasi dan terkonsentrasi oleh pembuatan barang seni kerajinan ukir batu padas sebagai kegiatan home industri.

Kehadiran seni kerajinan ukir batu padas sengat diperlukan untuk memenuhi fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat Sukawati dan masyarakat luas. Dalam kontak itu, seni kerajinan ukir batu padas bisa diamati menurut fungsinya. Feldman (1967) dalam bukunya yang berjudul Image And Idea, terjemahan Gustami dengan judul Seni Sebagai Wujud Dan Gagasan (1991: 2) menjelaskan, bahwa fungsi-fungsi seni yang telah berlangsung sejak zaman dahulu, adalah untuk memuaskan: (1) Kebutuhan-kebutuhan individu tentang ekspresi pribadi; (2) Kebutuhan-kebutuhan sosial untuk keperluan display, perayaan, dan komunikasi; (3) Kebutuhan-kebutuhan fisik mengenai barang-barang dan bangunan-bangunan yang bermanfaat. Lebih jauh dalam pengertian luas Feldman membagi fungsi seni menjadi tiga bagian, yaitu: Fungsi personal (personal function of art); fungsi sosial (the social function of art); dan fungsi fisik (fisical function of art).

Pengertian fungsi seni tersebut di atas digunakan untuk mengetahui sejauh mana berbagai macam karya seni kerajinan ukir batu padas Silakarang dapat ditelusuri guna memenuhi selera peminat. Tentu saja tidak semua fungsi seni yang telah disebutkan di atas terwadahi atau masuk dalam kategori fungsi seni yang tengah dikaji secara spesifik, yakni seniĀ  kerajinan ukir batu padas Silakarang.

Fungsi Seni kerajinan Ukir Batu Padas Sukawati selengkapnya

Comments are closed.