Hari Tari Sedunia, ISI Denpasar Akan Menampilkan Tari Hingga Tengah Malam

Hari Tari Sedunia, ISI Denpasar Akan Menampilkan Tari Hingga Tengah Malam

barisKiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. (Dosen PS. Pedalangan).
Denpasar- Dalam rangka memperingati hari Hari Tari se-Dunia (World Dance Day) yang jatuh setiap tanggal 29 April, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Denpasar akan menyelenggarakan sebuah event secara spontan yang dikemas meriah pada Senin 29 April 2013. Menurut Pembantu Dekan III FSP ISI Denpasar, Dr. Ni Luh Sustiawati, M.Pd.,pementasan akan menyajikan garapan hasil kelas koreografi V  mahasiswa jurusan tari semester VI serta garapan mahasiswa tari dengan tema lingkungan.  Garapan tari ini akan dimulai pukul 14.00-18.00 wita, yang bergerak dari Taman Budaya Denpasar Bali menuju kampus ISI Denpasar. Selanjutnya bertempat di areal kampus ISI Denpasar, dimulai pukul 19.30-21.00 wita, mahasiswa jurusan tari akan berkolaborasi dengan garapan musik dari para mahasiswa Program Studi Sendratasik ISI Denpasar.
Sebagai puncak acara peringatan Hari Tari Sedunia, akan digelar pementasan bertempat di panggung terbuka ISI Denpasar yang mulai pukul 21.00 hingga tengah malam. Materi yang ditampilkan adalah Tari Legong masal, Tari Baris Tuinggal Masal, Tari Topeng Keras, tari Topeng Dalem dua versi, dan social dance yang diiringi penabuh dari mahasiswa dan dosen Jurusan Karawitan ISI Denpasar.
Pelaksanaan Peringatan hari tari sedunia dimotori oleh Rektor ISI Denpasar, I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum. Dr. Arya manyambut baik dan mendukung segala rangkaian kegiatan memperingati hari tari sedunia ini. Dr. Arya juga menegaskan bahwa ajang ini penting bagi generasi muda untuk membangkitkan potensi budaya dan tari tradisi, sehingga akan melahirkan komitmen, kesetiaan, kreativitas, pengelolaan yang tangguh, loyalitas dan tidak gampang menyerah. Selain itu kegiatan ini akan menunjukkan keunggulan tari, kreativitas, dan percaya diri penari ISI Denpasar dalam memperkaya khasanah tari. "Untuk itu kami mengundang masyarakat untuk dapat menyaksikan karya anak didik kami di ISI Denpasar" ujar Dr. Arya.
Sementara Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, I Ketut Garwa, S.Sn., M.Sn., yang secara teknis merancang acara ini menyampaikan bahwa dalam memperingati Hari Tari Sedunia pihak fakultas telah melakukan rapat koordinasi dengan jajarannya. Acara akan digelar sore hingga tengah malam dengan tidak mengurangi aktivitas roda akademik di pagi hari, karena pagi hari perkuliahan tetap berjalan serta memberi ruang fokus bagi mahasiswa akhir yang akan mengadakan Ujian Tugas Akhir pada pertengaham Mei mendatang. Selain itu, FSP juga sudah disibukkan dengan latihan untuk persiapan pementasan Pesta Kesenian Bali (PKB) 2013, dimana ISI Denpasar kembali mendapat kepercayaan untuk menampilkan oratorium dihadapan RI 1. " Tanpa mengurangi makna perayaan hari tari sedunia, pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi juga dapat berjalan dengan seimbang" ungkap I Ketut Garwa.

Comments are closed.