Hey, Dosen Bukan Lagi Sosok “Maha Tahu”!

Hey, Dosen Bukan Lagi Sosok “Maha Tahu”!

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pembelajaran berbasis mahasiswa perlu diterapkan dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi, karena mahasiswa dituntut aktif dalam memperdalam ilmu. Melalui sistem pembelajaran ini dosen tidak lagi menjadi yang "maha tahu".

Pengamat pendidikan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Shanti Wardaningsih mengatakan, pembelajaran berbasis mahasiswa perlu dikembangkan sebagai salah satu sistem pembelajaran di dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Menurutnya, melalui sistem pembelajaran tersebut dosen tidak lagi menjadi yang maha tahu karena mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan tidak hanya dari dosen, tetapi juga sumber-sumber lain seperti jurnal dan internet.

"Sistem pembelajaran tersebut juga menuntut dosen untuk selalu menambah ilmu pengetahuan, jika tidak mau ketinggalan dari mahasiswanya," kata Shanti dalam diskusi Student Learning Center di Yogyakarta, Kamis (24/6/2010).

Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini mengatakan, sistem pembelajaran tersebut bukan hanya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan mahasiswa, tetapi juga menciptakan mahasiswa yang berpikir kritis. Seperti contoh, kata dia, sistem pembelajaran itu juga tepat diterapkan pada mahasiswa keperawatan.

Menurut dia, mahasiswa keperawatan juga harus berpikir kritis dan mampu menganalisis suatu kasus sampai tuntas dan menyeluruh sehingga bisa dihasilkan pemecahan masalah yang tepat. "Seorang perawat bukan hanya tahu bagaimana cara menyuntik, tetapi juga harus tahu kenapa dia harus menyuntik, apa isi dari yang disuntikkan, dan apa efek dari suntikan tersebut. Hal itu untuk menghindari eksekusi yang salah," ujarnya.

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2010/06/24/15341148/Hey..Dosen.Bukan.Lagi.Sosok..quot.Maha.Tahu.quot..

Comments are closed.