Hubungan dua budaya ISI Denpasar – Suan Sunandha Rajabhat University

Hubungan dua budaya ISI Denpasar – Suan Sunandha Rajabhat University

Peningkatan hubungan dua budaya yang terpisah dalam dua negara dalam waktu dekat akan disatukan dalam Memorandum of Understanding antar dua institusi, melakukan pendekatan dengan pengiriman duta atau perwakilan dari Thailand untuk tampil di ISI Denpasar. Pengiriman yang terdiri dari 23 mahasiswa, 2 dosen, serta satu orang staff dijamu oleh Rektor ISI Denpasar beserta jajarannya dan staff .

Acara dibuka dengan tarian selamat datang yaitu tari Selat Segara yang dibawakan oleh mahasiswa ISI Denpasar, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor ISI Denpasar, Prof.Dr. I Wayan Rai, S, MA, beliau menyampaikan pesan bahwa kedatangan perwakilan dari Suan Sunandha Rahabhat University merupakan pertemuan penting menjelang penandatanganan MoU, diharapkan setelah penandatanganan akan membuka lebar kesempatan untuk pelaksaan PAR (Program Academic Recharging) serta program Sandwich maupun pertukaran pelajar dan dosen. Sambutan dilanjutkan dengan presentasi singkat mengenai profile ISI Denpasar, dalam kesempatan ini Prof Rai menyampaikan Suan Sunandha Rajabhat University memiliki fakultas yang jenisnya hampir sama dengan Institus Seni Indonesia Denpasar sehingga hal ini akan memberikan kesempatan luas bagi dua fakultas untuk melakukan kerjasama-kerjasama dalam peningkatan kualistas.

Sambutan selanjutnya dibawakan oleh perwakilan Suan Sunandha Rajabhat University yaitu Prof. Chommanad Kijkhun (Ph.D), beliau menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas sambutan yang diberikan serta berharap proses penandatangan kesepakatan antara dua institusi akan berjalan lancar, dalam kesempatan ini beliau memperkenalkan profile universitasnya dengan penayangan film singkat yang berisi potongan-potongan kegiatan yang berlangsung di Suan Sunandha Rajabhat University.

Pemberian workshop singkat dibawakan oleh Gusti Ayu Srinatih, S.ST, M.Si diikuti oleh mahasiswa dari Suan Sunandha Rajabhat University, dalam workshop ini mereka diajarkan mengenai gerakan dasar dalam tarian Bali, tanpa butuh waktu lama dalam beberapa waktu mereka terlihat cukup menguasai gerakan tari yang diikuti oleh tabuhan gamelan, diharapkan hal ini akan memberikan pengalaman mengenai gerakan tarian Bali.

Pertunjukan pertukaran kebudayaan pun dimulai dengan penampilan 3 tarian yang dibawakan oleh mahasiswa Suan Sunandha Rajabhat University yaitu tarian Indonesia-Thailand yang menceritakan tentang hubungan baik yang telah terbina antar dua negara dalam satu kawasan Asia Tenggara, tari Manora, dan tari four Region of Thailand yang menggambarkan budaya Thailand yang berbeda antara wilayah utara, selatan, timur dan barat. Setelah penampilan tarian dari Thailand kemudian dilanjutkan dengan persembahan tarian oleh Mahasiswa ISI Denpasar dalam tarian Oleg Tamulilingan dan Satia Brasta. Acara ditutup dengan foto bersama dan bersalam-salaman.

Humas ISI Denpasar Melaporkan

Comments are closed.