Implementasi Teknologi Dan Informasi Dalam Bidang Desain Interior Dan Arsitektur Di Era Globalisasi

Implementasi Teknologi Dan Informasi Dalam Bidang Desain Interior Dan Arsitektur Di Era Globalisasi

logo ISI DpsKiriman : Putu Satria Udyana Putra (Mahasiswa Program Pascasarjana ISI Denpasar)

PENDAHULUAN

 Desain Interior dan arsitektur adalah disiplin ilmu yang menuntut keterlibatan estetika, ide, kreativitas dan teknologi serta informasi. Dalam era globalisasi, persaingan antar desainer dan antar arsitek salah satunya di Bali sangat ketat. Persaingan tersebut baik untuk persaingan kualitas, royalitas, dan kreativitas serta bersaing secara bebas mencari relasi untuk dijadikan tandem proyek. Pangsa pasar  para desiner dan arsitek yakni para pengguna jasa atau klien pada umumnya dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan masyarakat lokal sampai ekspatriat. Persaingan bebas menimbulkan dampak bahwasannya para desainer dan arsitek bebas atau terbuka pada setiap Negara untuk menjadi tenaga kerja di Negara lain.Di Indonesia pada umumnya, desainer dan arsitek yang hadir dalam bentuk fisik (hadir sebagai manusia desainer atau arsitek) maupun virtual (hadir melalui komunikasi internet).

Sedangkan dalam hal kualitas, desainer dan arsitek yang baik merupakan tututan bagi karya-karya desainer dan arsitek saat ini yang berlomba untuk memperlihatkan estetika, fungsi, teknologi dan seni. Desain interior dan arsitektur dalam proses perancangannya di era globalisasi mengalami suatu perubahan yang dipengaruhi perkembangan teknologi yang salah satunya diwakili oleh komputer, dengan komputer yang disertai perangkat keras dan lunak membuat kemajuan dalam bidang perwujudan rancang desain, semakin cepat dan efesien. Diketahui komputer adalah hasil kemajuan peradaban manusia dan ditemukan melalui proses yang sangat lama. Komputer dirancang agar dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk hidup lebih sejahtra. Komputer dirancang untuk memecahkan masalah dalam kehidupan manusia. Untuk itu desain interior dan arsitektur, seiring semakin pesatnya pembangunan yang membutuhkan perancangan, maka waktu yang dibutuhkan semakin sempit.

Berangkat dari hal tersebut penulis tertarik akan fenomena yang terjadi di era globalisai ini yakni, bagaimana implementasi teknologi dan informasi pada bidang desain interior dan arsitektur di era Globalisasi?. Masalah penulisan ini dibatasi pada teknologi dan informasi dewasa ini yang mempengaruhi perancangan desain interior dan arsitektur. Tujuan penulisan ini adalah; secara umum memahami hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan informasi pada era globalisasi, dan secara khusus bertujuan sebagai persyaratan penilaian Program Pasca Sarjana dalam mata kuliah Teknologi Informasi Seni.

Comments are closed.