ISI Denpasar Akan Mengikuti Program Transfer Kredit Mahasiswa Dengan Malaysia dan Thailand

ISI Denpasar Akan Mengikuti Program Transfer Kredit Mahasiswa Dengan Malaysia dan Thailand

fsp OK TS copy (429 x 600)Dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia, tiga pemerintah Negara,Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah bersepakat akan menyelenggarakan kerjasama program transfer kredit mahasiswa yang direncanakan akan direalisasikan pada tahun 2010. Kerjasama ketiga Negara, dilakukan dalam bentuk pertukaran mahasiswa untuk studi  pada ketiga Negara tersebut dan diakui kredit semesternya, dengan biaya tuitition fee ditanggung oleh masing-masing perguruan tinggi penerima, sedangkan biaya perjalanan p.p dan biaya hidup ditanggung oleh pemerintah masing-masing Negara pengirim. Program perdana pada tahun 2010 akan direalisasikan dalam satu semester untuk 25 mahasiswa strata 1 (S1) per Negara, yang berasal dari program studi perhotelan, pariwisata, pertanian, bahasa, budaya, seni, bisnis internasional, dan ilmu teknologi pangan.

Berdasarkasn surat Dikti Nomor : 3334/D2.1/2009 7 Oktober 2009, ISI Denpasar ditetapkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi dari 8 PT yang diusulkan untuk mengikuti Program Transfer Kredit tahun anggaran 2010. Sebagaimana yang telah dicanangkan oleh dikti,  bahwa program peningkatan mutu Perguruan salah satunya melalui kompetisi, dan proposal yang dikirim telah direview secara administratif, sehingga ISI Denpasar dapat lolos dalam program kredit transfer untuk tahun 2010, dan semoga untuk tahun-tahun selanjutnya. Program Transfer Kredit ini meliputi negara Indonesia-Malaysia-Thailand.

fotografi copy (429 x 600)Tujuan program transfer kredit adalah Diakuinya system pembelajaran yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Indonesia dalam wujud pengakuan kredit oleh perguruan tinggi di Negara lain. Terciptanya citra baik dari masyarakat terhadap perguruan tinggi karena adanya pengakuan dari perguruan tinggi asing. Terdorongnya iklim akademik yang lebih berkembang dan bermutu karena adanya pertukaran budaya belajar dari mahasiswa yang berkesempatan mengikuti pendidikan di perguruan tinggi negara masing-masing. Timbulnya pemikiran-pemikiran baru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, baik dari pengalaman memfasilitasi mahasiswa negara lain yang sedang studi di perguruan tinggi di Indonesia, maupun dari pengalaman mahasiswa Indonesia yang sedang studi di negara lain. Diperolehnya nilai tambah wawasan internasional dan pengakuan dengan adanya kredit yang diberikan oleh perguruan tinggi asing. Bertambahnya pengalaman belajar, wawasan mahasiswa masing-masing negara dalam mengenal lebih dekat kultur kehidupan masyarakat maupun kultur pendidikan masing-masing negara, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pola pikir masing-masing. Meningkatnya relevansi dan kepuasan pengguna lulusan dengan sinergi hard skills dan soft skills yang lebih baik  Terbentuknya iklim akademik yang lebih berkembang dan bermutu di kalangan mahasiswa, karena adanya transfer pengalaman dan transfer budaya akademik baik dari mahasiswa asing yang sedang belajar di negara kita maupun dari rekan-rekannya yang telah berkesempatan studi di negara lain.

Comments are closed.