ISI Denpasar Akan Tampilkan Tari Pendet di Istana Kepresidenan Jakarta

Jul 7, 2010 | Berita

Jakarta- Setelah Oratorium Anggada Duta persembahan ISI Denpasar memikat hati Presiden RI saat pembukaan PKB ke-32 beberapa waktu lalu, di Arda Candra, ISI Denpasar kembali diberi kepercayaan untuk membawakan tari Pendet guna menyambut kunjungan Presiden Swiss ke Indonesia dari tanggal 6 hingga 9 Juli 2010 ke Indonesia. Tari Pendet ini akan dibawakan pada saat jamuan santap malam kenegaraan bertempat di Istana Kepresidenan Jakarta pada tanggal 7 Juli 2010. Rombongan yang dipimpin langsung Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S.,M.A., berjumlah 19 orang terdiri dari penari, penabuh dan pembina. Tarian ini adalah salah satu tari tradisi Bali’ sebagai nominasi Republik Indonesia untuk diinskripsi UNESCO dalam Representative List of Humanity. Dimana tari Pendet dibawakan oleh penari wanita dengan gerakannya terinspirasi dari tari-tari untuk upacara seperti Rejang dan Memendet. Penari membawa bokor (mangkuk silver) yang berisi bungan untuk disebarkan kepada para tamu sebagai symbol selamat datang. Tarian ini diciptakan tahun 50an oleh almarhum Rindi.

Prof. Rai mengungkapkan kesempatan ini merupakan suatu kehormatan bagi Institusi, untuk dapat menampilkan yang terbaik demi kepentingan bangsa. Moment ini pun sangat tepat untuk mempromosikan kampus seni ISI Denpasar dikancah internasional, sebagai awal dari internasionalisasi perguruan tinggi seni.  Pihaknya berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk bangsa ini. Karena secara tidak langsung lewat senilah kita dapat memepersatukan antar Bangsa serta mampu mengangkat citra baik nusa dan bangsa lewat seni. Untuk itu Prof. Rai menghaturkan terima kasih banyak atas kerja keras seluruh civitas ISI Denpasar, dan apa yang diapresiasi oleh Presiden RI ini dapat mengobati sebagala perjuangan yang sudah kita lakukan untuk kemajuan kampus ini. Pada kesempatan tersebut Prof. Rai juga menghaturkan syukur dan terima kasih kepada keras Gubernur Bali beserta jajarannya atas dukungan dan motivasinya.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...