ISI Denpasar dan ISI Yogyakarta “Mebarung”

ISI Denpasar dan ISI Yogyakarta “Mebarung”

Pameran Dan Seminar Akademik Multimedia Menuju Insdustri Kreatif

Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Denpasar, bekerjasama dan berkolaborasi dengan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) ISI Yogyakarta menggelar Fotografi Expo 2010, (27-30/4) 2010 di kampus ISI Denpasar. Acara yang bertajuk “Pendidikan Multimedia Menuju Industri Kreatif” dan pameran “Jalan Menuju Media Kreatif II”  merupakan gagasan dua perguruan tinggi seni ISI Denpasar dan ISI Yogyakarta, acaranya terdiri dari Pameran multi media (fotografi dan televisi), di Ruang pameran FSRD, ISI Denpasar  (27/4), dibuka oleh Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S. MA., dan Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Drs. Soeprapto Soedjono, MFA, PhD. Selain pameran juga diselenggarakan Seminar (28/4), Keynote Speaker Drs. Alexandri Luthfi R.,M.Si, Dekan Fak. Seni Media Rekam ISI Yogyakarta. Seminar kali ini menampilkan pembicara Dedi Setiawan, S.Sn.,M.Sn, dosen Jurusan Televisi FSMR ISI Yogyakarta judul makalah” Pendidikan Multimedia dalam rangka menyongsong industri Kreatif”. Pembicara dari ISI Denpasar I Komang Arba Wirawan, S.Sn., M.Si Ketua Program Studi Fotografi FSRD, ISI Denpasar dengan judul makalah” Fotografi Kapal Pesiar Menuju Pasar Kerja Internasional”. Pada hari ketiga (29/4), fotografi expo menggelar workshop” Oldprint Photography Process” oleh Irwandi,S.Sn.,M.Sn dosen FSMR ISI Yogyakarta.

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan MoU kedua lembaga seni di Indonesia, dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dalam menumbuhkan industri kreatif di dunia kampus seni. “Saya mendukung kegiatan fotografi expo ini sehingga hasil proses kreatif mahasiswa dan dosen diantara dua perguruan tinggi seni dapat diapresiasi masyarakat luas” harap Rai. Dengan pertanggungjawaban kepada publik sehingga dunia kampus dapat mengevaluasi dan memproyeksi peningkatan kualitas output mahasiswanya. Dekan FSMR ISI Yogyakarta menyatakan kegiatan pameran dan seminar merupakan sarana evaluasi akademik perkembangan pendidikan tinggi seni di Indonesia” ini merupakan kegiatan tahunan FSMR ISI Yogya dan tahun ini kita pilih ISI Denpasar” ungkap Alex.

Selain itu Dekan FSRD Ni Made Rinu, berterimakasih kepada mahasiswa PS. Fotografi yang kreatif, sehingga beberapa prestasi dapat diraih tahun ini seperti lolos dalam program Transfer Kridit MIT. “Saya bangga dengan prestasi ini sehingga tahun-tahun ke depan dapat ditingkatkan lagi. Melihat perkembangan teknologi dunia fotografi digital membawa perkembangan yang positif pada peningkatan jumlah mahasiswa fotografi, dari tahun-ketahun. Dapat dicatat bahwa PS Fotografi tahun ini mengembangkan kurikulum baru Fotografi Kapal Pesiar, sebagai kebutuhan pasar. “Sebagai lembaga seni kita seharusnya dinamis membaca perkembangan akan peluang pasar, karena perkembangan teknologi digital sangat cepat pada era global ini” Ungkap Arba wirawan.

Pada Fotografi expo kali ini diundang siswa sekolah SMU/SMK yang baru tamat untuk mengembangkan diri dalam era multimedia untuk mengikuti seminar, workshop menyaksikan pameran dan hunting sehingga wawasannya mereka terbuka.

Arba Wirawan, 081338738806

Comments are closed.