ISI Denpasar Gelar Sosialisasi: Standar Operasional Karakter Bangsa

ISI Denpasar Gelar Sosialisasi: Standar Operasional Karakter Bangsa

Kiriman: Nyoman Dewi Pebriyani, S.T., M.A. (Dosen PS Desain Interior).
Denpasar- Bertempat di Gedug Natya Mandala, pada hari Rabu (5/12), Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menggelar acara Sosialisasi Standar Operasional (SOP) Karakter Bangsa. Acara dibuka secara resmi oleh Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai, S. MA, yang dihadiri oleh  mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain, dosen, dan pegawai. Adapun kegiatan ini merupakan program utama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan kepada mahasiswa agar tercipta karakter yang kuat dan tidak mudah terprovokasi dengan tujuan-tujuan yang tidak menguntungkan baik bagi diri sendiri, lingkungan kampus, maupun dalam lingkungan berbangsa dan bernegara.
Dalam sambutannya Rektor ISI Denpasar mengungkapkan bahwa karakter bangsa sangat penting dan mendasar, "salah satu kata kunci yang paling penting adalah Disiplin" tambah Prof Rai. Pembicara pada acara sosialisasi kali ini merupakan tim dosen yang telah menerima pelatihan terlebih dahulu dalam Training of Trainer (TOT) Karakter Bangsa beberapa waktu sebelumnya. "Melalui kegiatan ini, sangat diharapkan agar mahasiswa mampu memiliki karakter yang kuat dan mampu menjadi contoh yang baik dalam lingkungan masayarakat" ungkap Dra. Ni Made Rinu,M.Si
Acara dibagi dalam dua sesi, sesi pertama merupakan pemaparan oleh Pembantu Rektor III ISI Denpasar, Drs. I Made Subrata, M.Si, mengenai Nilai-nilai Budaya bangsa untuk membentuk daya saing dalam karakter Bangsa, disusul dengan pemaparan oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Dra. Ni Made Rinu, M.Si, mengenai Budaya Lokal sebagai pembentuk nilai-nilai karakter bangsa, dengan dipandu moderator Drs. I Ketut Muka, M.Si.
Sesi kedua pembicara terdiri dari 3 orang, yakni AA Gde Bagus Udayana, S.Sn.,M.Si membawakan materi Empat pilar kebangsaan, I Made Pande Artadi, S.Sn.,M.Sn membawakan materi Implementasi karakter bangsa di perguruan tinggi, dan Drs. DA Tirta Rai, M.Si membawakan materi Identifikasi nilai-nilai budaya bangsa dan karakter bangsa dalam proses pembelajaran, dengan dipandu moderator Drs. I Wayan Kondra, M.Si.
Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi SOP Karakter bangsa, dimana sebagian besar dari mahasiswa dengan tertib mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, selain itu pada sesi tanya jawab terlihat banyak mahasiswa yang melontarkan pertanyaan kepada pembicara. "Semoga kedepannya Mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi ini mampu menularkan kepada rekan-rekannya maupun kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya" tutup Drs. D.A. Tirta Ray, M,Si sebagai Ketua Panitia kegiatan sosialisasi ini.

Comments are closed.