ISI Denpasar ikuti Festival Majapahit Internasional 2013

ISI Denpasar ikuti Festival Majapahit Internasional 2013

foto majapahit 3Kiriman: Nyoman Dewi Pebryani S.T., M.A. (Dosen PS. Desain Fashion).
Jatim- Bertempat di Wantilan Candra Wilwatikta, Pandaan Jawa Timur, acara Festival Majapahit Internasional digelar dari tanggal 11-13 September 2013 ini merupakan acara yang sangat spektakuler dalam mengikuti kisah Ramayana secara keseluruhan. Banyak versi yang ada mengenai cerita epic tersebut, dan tentunya dari masing-masing Negara menampilkan kisah yang berbeda dengan beberapa penokohan yang sama sesuai dengan cirri ataupun kepercayaan masing-masing. Festival Majapahit internasional kali ini diikuti oleh 8 negara di Asia, yaitu India, Laos, Kamboja, Singapura, Myanmar, Thailand, Filipina, dan Indonesia.
Pada Festival kali ini Indonesia di wakili oleh Institut Seni Indonesia Denpasar. Pada acara Pembukaan, group dari India tampil pertama kali dengan judul Ramayana Performance yang dimana menampilkan cerita kelahiran Rama hingga gugurnya Rahwana. Lalu pada hari berikutnya pertunjukkan juga dihibur oleh Negara-negara lain, salah satunya adalah dari Thailand yang dengan apik ditampilkan oleh kontingen dari Negara yang sangat terkenal dengan kesenian yang unik itu.
 foto majapahitISI Denpasar sendiri tampil pada urutan akhir di penutupan Festival, dan antusias yang sangat luar biasa menyambut kontingen dari Bali dengan tepuk tangan yang meriah dari penonton pada saat nama ISI Denpasar dibacakan. Dengan mengangkat cerita Ramayana berjudul “Kepandung Dewi Sita”, taksu yang sangat menakjubkan dimunculkan oleh para penari, terutama untuk yang melakoni karakter khusus, seperti Rama, Dewi Sita dan Rahwana. Ditengah-tengah kemeriahan festival tersebut, Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, SSKar., M.Hum hadir disana, didampingi oleh Pembantu Rektor I, Pembantu rektor III dan Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar.
Dalam hal ini, Rektor ISI Denpasar sangat bahagia dapat hadir dan menyaksikan pergelaran dari seluruh kontingen, beliau juga mengucapkan selamat atas kesuksesan penampilan dari ISI Denpasar yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Jawa Timur. Dan beliau juga menyelamati secara langsung Koordinator Umum dari group ISI Denpasar, I Wayan Suweca, SSKar., M.Mus yang sekaligus juga merupakan Pembantu Rektor IV ISI Denpasar. Ini merupakan kesempatan yang sangat bagus sekali bagi ISI denpasar karena ide-ide maupun kreatifitas yang dimiliki oleh para peserta akan muncul dengan melihat pertunjukan yang apik dibawakan para kontingen dari masing-masing Negara. Dan sebagai penutup kegiatan Festival tersebut, rektor ISI Denpasar mendampingi Asisten Direktur bagian kemasyarakatan di Jawa Timur, serta pejabat dan undangan terhormat menutup acara dengan menabuh gendang Jawa bersamaan serta diikuti dengan letupan-letupan kembang api.

Comments are closed.