ISI Denpasar Kirimkan “Artist in Residence” 2012 ke UWA

ISI Denpasar Kirimkan “Artist in Residence” 2012 ke UWA

Kiriman: Nyoman Dewi Pebriyani, Dosen PS Desain Interior
Denpasar-Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sebagai salah satu perguruan tinggi negeri seni, tidak dapat dipungkiri semakin memantapkan keberadaannya di kancah internasional.  Hal ini dibuktikan melalui bentuk kerjasama yang dilakukan dengan  berbagai perguruan tinggi seni luar negeri, dan salah satunya adalah kerjasama yang telah dilakukan dengan University of Western Australia (UWA), Perth, Australia yang telah berjalan selama kurang lebih 4 tahun.
Setelah keberhasilan program ISACFA “Cultural Exchange” Artists Residence pada tahun 2011 lalu, telah dikirimkan sebanyak 3 dosen dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Denpasar, yakni  Dra. Ni Made Rinu, M.Si., Drs. I Made Bendi Yudha, M.Sn., dan I Komang Arba Wirawan, S.Sn., M.Sn., untuk memberikan perkuliahan umum, seminar, workshop dan pameran karya.
Untuk tahun ini, ISI Denpasar kembali diberikan kepercayaan oleh UWA untuk melakukan hal serupa dengan mengundang salah satu dosen dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, I Wayan Sujana, S.Sn., M.Sn. Kegiatan ini akan berjalan selama 2 minggu, dari tanggal 24 September hingga 05 Oktober 2012. Perkuliahan umum, seminar, workshop akan dilaksanakan di kampus UWA, sedangkan untuk pameran sendiri akan bertempat di Cullity Gallery, Perth. Selain mengirimkan salah satu dosennya, ISI Denpasar juga diikut sertakan dalam pameran ini, sebanyak 40 karya dari dosen-dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain turut dipamerkan selama kegiatan berlangsung.
Antusiasme keikutsertaan para dosen dalam kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif dari Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai, S. Beliau memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya untuk keberlangsungan kerjasama antara Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Denpasar dengan UWA, Perth, Australia. Ditambahkan pula oleh beliau bahwa kerjasama dengan pihak UWA, secara tidak langsung juga telah membuka peluang kerjasama dengan perguruan lain dari Australia, yakni Edith Cowen University (ECU), telah meminta ISI denpasar untuk ikut berpartisipasi dalam pameran tekstil, sekaligus untuk memperkenalkan program studi Desain Fashion yang baru di launching tahun ini, dibawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar.
Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu juga menyatakan hal sama, dimana menurut beliau, melalui kerjasama dengan pihak UWA, FSRD telah memberikan komitmen terbaik dalam mengembangkan karya seni melalui kerjasama akademik dengan pihak luar, sehingga nantinya mampu meningkatkan kualitas baik pengajar dan juga lulusan yang akan dihasilkan.
Humas ISI Denpasar melaporkan.

Comments are closed.