ISI Denpasar Membuka Ruang Kerjasama Dengan SMKN Kubu Bangli

ISI Denpasar Membuka Ruang Kerjasama Dengan SMKN Kubu Bangli

ISI Denpasar sebagai salah satu-satunya perguruan tinggi seni di kawasan Indonesia timur, mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan dan turut melestarikan seni-seni budaya lokal yang ada. Bentuk dukungan atas kesenian lokal yang tersebar, khususnya di Bali yaitu dengan menjalin kerjasama dengan SMK-SMK di Bali yang bergerak di bidang seni.  Salah satunya yaitu kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kubu Bangli. Penandatanganan MOU berlangsung (19 Februari 2010), bertempat di ISI Denpasar. Kegiatan tersebut disepakati oleh kedua pimpinan lembaga pendidikan yaitu Rektor ISI Denpasar (Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A.) dengan Kepala SMK N Kubu, Bangli (I Ketut Ariyana, S.Pd.), dan dihadiri oleh Waka Humas SMK N Kubu Bangli (I Putu Widastra, S.ST.), serta Waka Manajement SMK N Kubu Bangli ( Pande Ketut Budiasa). Sementara dari ISI Denpasar dihadiri oleh PR I, PRII, Dekan FSP, Dekan FSRD, PD I FSP, serta PD II FSP. Program kerjasama yang terjalin yaitu ISI Denpasar menyediakan tenaga assessor (penguji) untuk dapat menguji kemampuan mahasiswa yang akan melakukan ujian akhir kelulusan pada 23 Februari 2010.

Menurut Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A., kerjasama ini adalah sebagai langkah awal untuk kerjasama yang lebih besar, diantaranya ISI Denpasar berencana melakukan ujian-ujian kelas di luar areal ISI Denpasar, salah satunya di SMK N Kubu Bangli. Selain untuk sosialisai dan promosi kampus, kegiatan ini akan mampu memotivasi para generasi penerus yang memiliki bakat seni untuk meneruskan pendidikannya di ISI Denpasar. Apalagi ISI Denpasar menawarkan banyak beasiswa jika ingin melanjutkan kuliah ke ISI Denpasar. Tercatat saat ini saja sekitar 80% mahasiswa ISI Denpasar mendapatkan beasiswa pendidikan. Dan beasiswa terbaru yaitu ‘Bidik Misi’, program beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi dengan latar belakang kurang mampu. Beasiswa ini tidak hanya menawarkan SPP gratis, namun juga menanggung biaya hidup dan pendidikan selama 8 semester. Sehingga inilah peran sekolah-sekolah  yang tersebar di Bali untuk meneruskan informasi ini kepada mereka yang benar-benar membutuhkan, karena untuk mendapatkan beasiswa ini diharapkan ada rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Sebelumnya jajaran Dekanat Fakultas Seni Pertunjukan (17 Februari 2010) sudah melakukan sosialisasi pendidikan ke SMK N Kubu, Bangli. Dan bagaikan ‘gayung bersambut’ kehadiran kami (menurut Dekan FSP, I Ketut Garwa, S.Sn., M.Sn.) mampu menghasilkan kerjasama yang saat ini sudah dapat terealisasi. Kerjasama yang terjalin ini juga akan sama-sama menguntungkan, dimana kita dapat menjaring calon mahasiswa dari sosialisasi ke SMK, sementara nanti lulusan ISI Denpasar pun bisa mengabdi kembali ke sekolahnya sebagai tenaga pengajar, mengingat saat ini saja para pengajar sebagian besar berlatar belakang dari ISI Denpasar.

Sementara Kepala SMK N Kubu Bangli, I Ketut Ariyasa, SPd., menghaturkan terima kasih kepada seluruh jajaran civitas ISI Denpasar yang memberikan ruang kepada mereka, untuk mendukung berbagai kegiatan yang ada di SMK N Kubu Bangli. Kariasa menambahkan SMK  N Kubu Bangli terbentuk tahun 2004, dan telah sukses menamatkan 1 angkatan. Untuk bisa mandiri melakukan ujian akhir, mereka harus memenuhi persyaratan diantaranya memiliki assessor. Dengan jalinan kerjasama bersama ISI Denpasar maka niscaya kami mampu melakukan ujian akhir sendiri. Ariyasa menambahkan potensi seni generasi muda  Bangli sangat tinggi, sehingga setiap tahun jumlah mahasiswa betambah. Kini berharap selain dua jurusan yang dimiliki (Tari dan Karawitan), kedepan diharapkan mampu membuka jurusan seni rupa. Hal tersebut didukung dengan banyaknya hasil karya seni rupa yang lahir dari Kabupaten Bangli.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.