ISI Denpasar Ngayah di Pura Batur dan Pura Besakih

ISI Denpasar Ngayah di Pura Batur dan Pura Besakih

IMG-20140427-WA0009

IMG-20140427-WA0002Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S.MA (Dosen PS Tv dan Film)

Foto: I Made Rai Kariasa, S.Sos.

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar secara rutin mengadakan kegiatan ngayah yang merupakan bagian dari pengabdian dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada tanggal 24 April 2014, ISI Denpasar ngayah di Pura Batur Kintamani Bangli, serta tanggal 26 April 2014 ngayah di Pura Besakih Karangasem. Rombongan dipimpin langsung oleh Rektor ISI Denpasar didampingi Pembantu Rektor IV, pejabat struktural, para dosen dan mahasiswa dari Fakultas Seni Pertunjukan. Pada kesempatan tersebut ISI Denpasar mempersembahkan beberapa tari-tarian dan tabuh yaitu Tari Rejang, Baris, Topeng dan tetabuhan Gong Gede serta Gong Kebyar yang dibawakan oleh para mahasiswa dari Jurusan Tari, Karawitan dan Sendratasik, dibawah pimpinan Dekan FSP ISI Denpasar, I Wayan Suharta, S.SKar., M.Si. Rombongan ISI Denpasar diterima baik oleh panitia serta persembahan tari dan tabuh ISI Denpasar mendapat sambutan baik dan antusias dari para pemedek yang datang silih berganti.

 

Tak ketinggalan mahasiswa asing Dharmasiswa ISI Denpasar prodi Seni Tari juga turut ngayah dengan menarikan tari Rejang. Mereka adalah Mai Kikuchi dari Jepang, Yasuko Kinno dari Jepang serta Jelena Vuskanovic dari Serbia. Penampilan mereka saat ngayah juga tak kalah bagusnya dengan penampilan mahasiswa ISI regular. Penampilan mahasiswa asing ini sebagai salah satu hasil dari kelas tari yang diikuti mahasiswa asing selama ini.

 

IMG-20140427-WA0010Rektor ISI Denpasar, yang ikut dalam rombongan, mengaku sangat bangga dengan semangat dan kekompakan para civitas akademika dengan tulus iklas ngaturang ayah, ditengah padatnya jadwal kegiatan ISI Denpasar. “Saya panjatkan syukur kepada-Nya, karena ISI dapat ngaturang ayah pada piodalan di pura ini, serta terima kasih kepada panita karya yang telah mempercayakan kepada kami, dan juga seluruh dosen, pegawai, dan mahasiswa yang tak kenal lelah dalam setiap kegiatan ngayah, untuk memohon keselamatan bersama” ungkap Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum. Dr. Arya juga menambahkan bahwa kegiatan ngayah ini juga sebagai gambaran kepada masyarakat khususnya Bali bahwa ISI ini adalah milik masyarakat. Selain itu kegiatan ini pun memiliki peran penting bagi mahasiswa karena mereka pun dapat pengalaman dan berinteraksi dengan lingkungan setempat.

 IMG-20140427-WA0006

Kegiatan ngayah ini merupakan program  kerja dari Pembantu PR IV, I Ketut Garwa, S.Sn.,M.Sn yang rutin diadakan setiap tahun. “Kegiatan ngayah merupakan salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,yang selalu dilaksanakan oleh kampus ISI Denpasar, dan melibatkan mahasiswa, pegawai dan dosen ISI Denpasar” ujar I Ketut Garwa.

Comments are closed.