ISI Denpasar Perkuat Jejaring Internasional: Kunjungan Shimane Art Center Jepang

ISI Denpasar Perkuat Jejaring Internasional: Kunjungan Shimane Art Center Jepang

Rektor ISI Denpasar (kanan) didampingi oleh PRII dan PR IV (kiri) tengah menerima kunjungan dari Shimane Art Center Jepang (tengah)

Rektor ISI Denpasar (kanan) didampingi oleh PRII dan PR IV (kiri) tengah menerima kunjungan dari Shimane Art Center Jepang (tengah)

Kiriman: Nyoman Dewi Pebriyani, S.T., M.A. (Dosen PS Desain Interior). 

Denpasar- Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mendapat kunjungan kehormatan dari Shimane Art Center, pada hari Kamis (27/12) bertempat di Gedung Rektorat ISI Denpasar. Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai, S.,MA yang  dalam kesempatan ini didampingi oleh Pembantu Rektor II dan Pembantu Rektor IV menerima kunjungan Masako Uchino perwakilan dari Shimane Art Center. Adapun tujuan kedatangannya adalah menjalin kerjasama dengan ISI Denpasar sekaligus menyampaikan undangan terkait dengan pelaksanaan World Kagura Festival di Jepang yang rencananya berlangsung pada tanggal 2-4 November 2013. Masako menuturkan bahwa festival yang diadakan ini bertaraf internasional yang akan diikuti oleh berbagai negara seperti Korea, Brazil, Indonesia, dan negara lainnya.
            Seperti diketahui bersama, hingga saat ini ISI Denpasar telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri. Khususnya dengan Jepang, kampus ISI Denpasar telah menjalin kerjasama dalam bentuk MoU dengan Tokyo University of the Arts, Okinawa University, Kanda University, dan yang terakhir dengan Ochanimatsu University. "Kerjasama ini tidak sebatas pada University to University, tetapi juga dengan berbagai pihak yang mendukung, misalnya saja dengan Shimane Art Center", ungkap Rektor ISI Denpasar.
            "Melalui undangan kehormatan ini, diharapkan tidak saja memberikan dampak positif dari segi sosial budaya, namun juga dari segi pariwisata", ungkap Prof Rai. Beliau juga  berharap melalui festival ini tidak hanya mampu memperkenalkan kampus ISI Denpasar, namun juga Bali dan bahkan Indonesia.
            "Saya berkunjung ke ISI Denpasar atas rekomendasi beberapa pakar Seni di Jepang, kampus ISI Denpasar sangat terkenal di sana", ungkap Masako dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh Kaoru. Tema yang digunakan dalam festival tahun depan berkaitan dengan kegiatan pertanian atau bercocok tanam. "Bali memang memiliki beragam kebudayaan, diantaranya juga kesenian terkait dengan kegiatan bercocok tanam', ungkap Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum. Beliau juga menuturkan bahwa keragaman kesenian khususnya terkait dengan pertanian telah turun temurun dilakukan dan merupakan peninggalan kesenian wali yang bersifat klasik.
            Kunjungan kali ini Masako berharap agar kerjasama dengan ISI Denpasar kedepannya berjalan lancar, selain itu beliau juga mengungkapkan terimakasih karena telah diterima dengan baik oleh Rektor ISI Denpasar beserta jajarannya dan bersedia menerima undangan dalam World Kaguru Festival.

Comments are closed.