ISI Denpasar Perluas Networking di Australia: MoU antara ISI Denpasar dengan ECU

ISI Denpasar Perluas Networking di Australia: MoU antara ISI Denpasar dengan ECU

Kiriman: Nyoman Dewi Pebriyani, S.T., M.A. (Dosen PS Desain Interior). Perth- Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar bertolak ke Perth, Australia barat dalam rangka Muhibah Seni 2012 beberapa waktu yang lalu selama kurang lebih 10 hari. Adapun agenda kegiatan selama di Perth selain pementasan dan workshop seni juga menitik beratkan kepada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu Universitas terkenal di Perth, yakni Edith Cowan University (ECU). Seperti diketahui beberapa tahun lalu ISI Denpasar menandatangani MoU dengan University of Western Australia (UWA). Hal ini merupakan kontinuitas dari pertemuan Prof Helen Bonavita yang merupakan salah satu dekan di ECU yang sempat bertandang ke Kampus ISI Denpasar dengan Rektor ISI Denpasar beberapa bulan yang lalu, dengan tujuan utama menjalin kerjasama khususnya pada Program Studi (PS) yang memiliki kedekatan kurikulum dengan ECU.

(Kiri ke kanan) Konjen RI, Rektor ISI Denpasar dan ECU Vice Chancelor sedang berdiskusi.

Bertempat di Gedung Kurongkurl Katitjin ECU, senin (12/11), dilaksanakan penandatanganan MoU diawali dengan tarian Selat Segara yang dibawakan oleh Mahasiswa ISI Denpasar. Proses Penandatangan disaksikan oleh Konjen RI di Perth, Syarief Syamsuri; Wakil Konsul, Syahri Sakidin; Prof Helen Bonavita, dan beberapa pejabat struktural ISI Denpasar.

Sesaat setelah penandatanganan MoU, Prof Rai mengungkapkan rasa terimakasih kepada ECU karena telah mempercayai ISI Denpasar sebagai partner kerjasama dalam bidang pendidikan dan diharapkan kedepannya hubungan ini akan terus berlanjut. Sementara itu Rektor ECU, Prof. Kerry O.Cox, menyambut baik kerjasama ini dan yang terpenting adalah saling menguntungkan kedua belah pihak dan berharap segera merealisasikan butir-butir kesepakatan, diantaranya Seminar, Workshop, pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, kolaborasi seni, dan kegiatan lainnya.
Usai menandatangani MoU selanjutnya delegasi mengunjungi pameran yang sehari sebelumnya telah disetting oleh tim dari ISI Denpasar, dimana pameran yang bertajuk Fine Art and Textile ini memamerkan lukisan karya mahasiswa ISI Denpasar serta kain-kain tekstil tradisional Bali hingga kontemporer dari PS Desain Fashion ISI Denpasar. Ketua PS Desain Fashion, Tjok Istri Ratna Cora, S.Sn.,M.Si, mengungkapkan bahwa Rektor ISI Denpasar selaku penanggung jawab PS Desain Fashion berpesan bahwa walaupun lewat satu pintu yaitu Desain Fashion tetapi kerjasama ini mampu merangkul semua jurusan yang ada di ISI Denpasar.
Selanjutnya delegasi ISI Denpasar diarahkan untuk tour campus ECU, dimana ada banyak hal yang bisa dilihat dan juga dipelajari selama disana, karena dengan mengunjungi area kampus, para dosen dan mahasiswa ISI Denpasar mampu mengeksplorasi hal-hal yang bisa mengembangkan daya kreatifitas mereka, seperti mengunjungi Studio Lukisan, studio patung, studio pembuatan film, studio tekstil, serta kelas-kelas. Sebagai akhir agenda pada hari itu, dari pihak ECU merespon positif dalam bentuk implementasi langsung berupa pameran yang diorganisir langsung oleh mereka di ISI Denpasar tahun depan.
Jalinan kerjasama antara ISI Denpasar dengan beberapa universitas di dalam dan di luar negeri telah membuktikan tujuan ISI Denpasar untuk menjadi world class university.

Comments are closed.