ISI Denpasar Tampil Memukau Saat Pembukaan PKB ke-36

ISI Denpasar Tampil Memukau Saat Pembukaan PKB ke-36

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi,S.S.,MA (Dosen PS Tv dan Film ISI Denpasar)IMG_1754

Foto: Ketut Hery Budiyana, A.Md

Denpasar- Kemarau setahun disejukkan oleh hujan sehari, pepatah tersebut tepat ditujukan untuk ISI Denpasar, yang berbulan-bulan mempersiapkan garapan terbaik untuk pembukaan Pesta Kesenian Bali PKB ke-36, disejukkan dengan pementasan sehari dengan respon penonton yang terpukau termasuk respon undangan yang diantaranya Presiden RI beserta ibu Negara. Diawali dengan tampilnya ISI Denpasar dalam pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXVI yang digelar di depan Monumen Bajra Sandi Niti Mandala, Renon, Denpasar, Jumat (13/6). Selain SBY, juga hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri MSDM dan pejabat pemerintah lainnya. Untuk pembukaan PKB tahun ini, ISI Denpasar tampil dengan Adi Mredangga dan Tari Siwa Nataraja di depan Monumen Bajra Sandi, Renon Denpasar, dan malam harinya, dilanjutkan dengan acara pembukaan di panggung terbuka Arda Candra, Art Center Denpasar. Pada acara pembukaan ini, ISI Denpasar juga menampilkan tari kebesaran Provinsi Bali, Tari Bali Dwipajaya, yang diciptakan oleh cendikiawan ISI Denpasar dan digagas oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika beserta Ibu Ayu Pastika.

 IMG_1802

Puncak kekaguman Presiden SBY, serta seluruh undangan dan juga masyarakat yang menyaksikan acara tersebut adalah ketika ISI Denpasar menampilkan oratorium dengan judul Rama Sita Prana Bhuwana, yang mengisahkan lahirnya Dewi Sita sebagai dewi bumi. Garapan berdurasi 1 jam juga diselingi dengan dialog-dialog kocak yang mampu mencairkan suasana, terutama saat adegan para petani yang tengah bekerja di sawah. Dalam garapan ISI Denpasar memberi pesan yang mendalam bagi seluruh masyarakat Bali dan Indonesia untuk terus menjaga alam bumi, tanah untuk kelangsungan hidup manusia. Bumi dan tanah dianalogikan pada Dewi Sita yang berasal dari kata “siti” berarti tanah. Garapan ini sejalan dengan tema PKB tahun 2014 yaitu “Kertamasa” yang berarti dinamika kehidupan masyarakat Bali sebagai masyarakat agraris. Dinamika kehidupan ini juga erat dengan dinamika kehidupan dalam berkesenian.

IMG_0939_MG_0071Babak demi babak diikuti dengan seksama oleh Presiden SBY walaupun terkadang pesan-pesan dalang yang berbahasa Bali dan Sansekerta diterjemahkan oleh Gubernur Bali, Mangku Pastika. Ibu Ani pun tak luput antusias dengan garapan ISI Denpasar. Dengan kamera profesionalnya, Ibu Ani tampak terus menjepret para penari dari ISI Denpasar. Hingga akhir pementasan gemuruh tepuk tangan menghujani garapan ISI Denpasar yang ditutup dengan foto bersama. Gubernur Bali tak dapat menyembunyikan rasa bangga dan bahagia atas garapan ISI Denpasar, hingga pada saat foto bersama Gubernur Bali memeperkenalkan Rektor ISI Denpasar, I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M,Hum dihadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Presiden RI dan Ibu Negara.

”Semua ini adalah berkat tuntunan Tuhan, serta kerja keras seluruh keluarga besar ISI Denpasar. Semua hasil dari kerja keras kita adalah untuk membangun Bali, serta bangsa Indonesia yang kita cintai,”ujar Dr. Arya seraya tersenyum.

_MG_0438

Comments are closed.