ISI Denpasar Tingkatkan Kebersamaan Dalam Kualitas Pendidikan

ISI Denpasar Tingkatkan Kebersamaan Dalam Kualitas Pendidikan

Denpasar- Menyambut hari jadinya, ISI Denpasar sebagai lembaga pendidikan seni berupaya terus untuk menjadi centre of excellent. Mengingat keberadaan ISI Denpasar ditengah-tengah masyarakat Bali memiliki peran besar untuk melestarikan seni dan budaya Bali. Tak salah jika kampus ISI Denpasar adalah milik masyarakat Bali. Jelang Dies Natalis ke VII dan Wisuda Sarjana Seni ke VIII, segenap civitas akademika akan terus berupaya memajukan kampus kebanggaan mereka sebagai kampus yang penuh dengan makna seni dan budaya. Berbagai kegiatan digelar yang diawali dengan Tirtayatra pada tanggal  18 Juli 2010 ke Pura Batur dan Pura Puncak Penulisan. Ini sebagai momtum yang baik untuk memohon keselamatan, kedamaian, kebersamaan dan bersyukur dengan segala keberhasilan yang telah diraih oleh seluruh civitas. Dilanjutkan dengan tanggal 19, 20 Juli 2010, Fakultas Seni Rupa dan Desain akan menggelar berbagai lomba Seni Rupa dan Desain. Dekan FSRD, Dra. Ni Made Rinu, M.Si., lomba yang akan digelar diantaraya lomba mewarnai (TK), menggambar tradisi dan modern untuk (SD), menggambar model (Mahasiswa FSRD), patung (Mahasiswa patung). Jurusan Kriya akan menggelar lomba CIpta Assesoris untuk tingkat SMU/ SMK dan mahasiswa. Pada lomba ini mengambil tema: Menciptakan rancangan dalam bentuk gambar yang kreatif dan inovatif dengan menampilkan karakter bangsa. Jurusan Desain ps Interior akan menyelenggarakan lomba menggambar arsitektur tradisional Bali untuk kalangan mahasiswa, sementara ps DKV mengadakan lomba menggambar karikatur tingkat SMA/ SMK, Mahasiswa dan umum, dengan tema Budaya sebagai karakter bangsa. Sementara Jurusan Fotografi akan menyelenggarakan lomba foto tingkat SMA/ SMK, Mahasiswa dan umum yang akan memperebutkan piala Rektor. Disamping itu untuk kalangan dosen, pegawai  dan Darma Wanita Persatuan ISI Denpasar akan diadakan lomba penjor, gebogan dan lomba tamiang.

Yang tak kalah menariknya untuk yang keempat kalinya, ISI Denpasar akan menggelar Lomba Debat Bahasa Inggris untuk kalangan mahasiswa ISI Denpasar. Sekitar 20 mahasiswa akan berlaga dalam ajang ini sebagai perwakilan dari prodi yang ada di ISI Denpasar. Kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 21 Juli 2010 ini sebagai langkah awal untuk mewujudkan Internasionalisasi Perguruan Tinggi Seni, mengingat potensi mahasiswa ISI Denpasar dalam penguasaan Bahasa Inggris sangat baik. Lomba ini pun ajang yang tepat untuk mencari bakat mahasiswa yang nantinya dapat diadu pada ajang debat di tingkat nasional untuk mewakili lembaga. Tercatat ISI Denpasar tidak pernah absen mengikuti berbagai kegiatan lomba debat bahasa inggris di tingkat nasional, dengan prestasi yang cukup memuaskan.

Selanjutnya pada tanggal 22 Juli 2010, ISI Denpasar pun menggelar Seminar dengan pembicara Drs. Yasraf Amir M.MA. adapun tema dari orasi ilmiahnya bertema pembangunan industri kreatif. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Drs. I Ketut Murdana, M.Sn, kegiatan pra dies ini selain diisi dengan kegiatan akademis juga akan ditambahkan dengan kegiatan non akademisi yang memupuk rasa solidaritas dan kebersamaan yaitu acara Jalan santai yang diikuti oleh seluruh keluarga besar ISI Denpasar.

Sementara untuk Fakultas Seni Pertunjukan akan menggelar lomba mebarung antar mahasiswa FSP ISI Denpasar. Menurut Dekan FSP, I Ketut Garwa, S.Sn., M.Sn., Mereka berlomba antar semester dari tiga jurusan (tari, Karawitan, Pedalangan), sehingga akan ada tiga kelompok yaitu semester II, IV dan VII. Mereka mebarung pada tanggal 26 Juli 2010 dengan materi lomba yaitu tabuh telu Gesuri, Tari Legong Kuntul dan Tari Satya Brasta. Nantinya sekitar 176 mahasiswa terlibat dalam ajang ini, mereka akan berbaur, berkoordinasi serta memupuk rasa kebersamaan untuk dapat menampilkan hasil terbaik.

Humas ISI Denpasar

Comments are closed.