ISI Depasar Dan UWA “Melukat” Di Pura Tirta Empul

ISI Depasar Dan UWA “Melukat” Di Pura Tirta Empul

Sejumlah 22 mahasiswa University of Western Australia (UWA) yang sedang belajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sejak 13 Juni yang lalu, Jumat (24/6) yang lalu mengunjungi Pura Tirta Empul untuk lebih mengenal lebih jauh tentang kebudayaan Bali. Selain mengamati kegiatan religious di pura tersebut, mahasiswa Negeri Kangguru itu juga ikut melukat bersama mahasiswa dan dosen ISI Denpasar.

Kegiatan field trip ini sangat berkesan bagi seluruh mahasiswa. Kegiatan tersebut dilaksanakn setelah mahasiswa mengikuti seluruh kegiatan kuliah. Adapun mata kuliah yang diajarkan kepada seluruh mahasiswa UWA tersebut diantaranya Bahasa Indonesia, Seni Budaya Bali, Komunitas dalam Ritual dan Upacara, Komunitas Masyarakat dalam Subak dan Banjar, Pengenalan Arsitektur Tradisional Bali, Ashta Bumi dan Ashta Kosala-Kosali, Ornamen, fotografy, lighting, dll.

Setelah “melukat” dan melaksanakan persembahyangan bersama, rombongan kemudian mengunjungi Balika Galery untuk mendalami apa yang mereka telah pelajari selama perkuliahan. “Saya sangat senang bisa belajar di ISI Denpasar,” ucap Josh salah satu dari mahasiswa dalam bahasa Indonesia.

Hari Minggu (26/6), rombongan berangkat ke Klungkung untuk mempelajari Kamasan Painting. Mereka akan berada di Klungkung selama tiga hari. Pada tanggal 29 Juni rombongan akan kembali ke Dormitory ISI Denpasar, untuk mempersiapkan acara pameran sekaligus acara perpisahansebelum bertolak ke Australia pada tanggal 3 Juli.

Rektor ISI Denpasar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar ISI Denpasar yang telah bekerja keras dalam melaksanakan setiap kegiatan untuk mahasiswa UWA,sehingga setiap kegiatan dapat berjalan lancar. “Kesempatan ini adalah peluang yang sangat baik bagi kita semua untuk mengajar mahasiswa asing, dan sekaligus tantangan untuk kita meningkatkan diri untuk mampu bersaing di tingkat internasional,” papar Prof. Rai.

Salah seorang mahasiswa ISI Denpasar yang sempat belajar di Thailand dalam program MIT (Malaysia-Indonesia-Thailand) Student Mobility Program, Eka Sulaksana juga terlibat dalam setiap kegiatan mahasiswa UWA, termasuk membantu dalam hal interpreting di dalam kelas pada saat perkuliahan. Eka juga ikut dalam kegiatan field trip ke Pura Tirta Empul bersama PD II FSRD, Drs. I Made Bendi Yudha, M.Sn.,Dewi Yulianti, serta Agus Junianto.

Humas ISI Denpasar melaporkan.

Comments are closed.