ISI Gelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015-2016

ISI Gelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015-2016

Sebanyak 520 mahasiswa baru ISI Denpasar  mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) bertempat di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, dimulai tanggal 18 hingga 21 Agustus 2015. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor ISI dan dihadiri para pejabat struktural dilingkungan ISI Denpasar.

Dalam laporannya, Pembantu Rektor I ISI Denpasar, Prof. Dr. I Nyoman Artayasa, M.Kes  menyampaikan bahwaKegiatan penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Jalur Program Beasiswa Bidik Misi dan Jalur Seleksi Mandiri. Pada tahun 2015 ISI Denpasar memperoleh alokasi sebanyak 150 orang penerima bidik misi. Alokasi beasiswa Bidik Misi didistribusikan ke 2 fakultas dan 12 program studi, dengan jumlah pendaftar sebanyak 205 orang.  Sementarapenerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri, diikuti oleh  508 orang pelamar terdiri atas pelamar di FSP sebanyak  142 orang dan pelamar FSRD  sebanyak 366 orang. Jumlah mahasiswa yang dinyatakan lulus dan mendaftar kembali sebanyak 370 orang terdiri atas yang mendaftar kembali di FSP sebanyak 130 orang dan di FSRD sebanyak 240 orang termasuk program DKV non regular 42 orang. Pembantu Rekto III menambahkan bahwa perkembangan penerimaan mahasiswa tahun 2015 dibandingkan dengan tahun 2014 adalah  jumlah pelamar meningkat dari 695 orang menjadi 713 orang naik sebanyak 3%, jumlah mahasiswa yang diterima menurun dari 601 orang menjadi 520 orang. Hal ini karena daya tampung di program studi Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual diturunkan dan di beberapa program studi tidak mendaftar kembali.

Sementara Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum dalam saat membuka acara menyampaikan bahwa mahasiswa kuliah di ISI Denpasar adalah karena pilihan mereka bukan karena kesempatan. Mereka yang diterima adalah orang-orang pilihan yang memiliki talenta dan bakat khusus sehingga menjadikan ISI Denpasar sebagai pilihan mereka untuk melanjutkan studi. ISI Denpasar adalah perguruan tinggi kecil yang memiliki kwalitas besar karena ISI Denpasar lebih mementingkan kwalitas mahasiswa dibandingkan kuantitas (jumlah) mahasiswa. Sehingga pada kesempatan tersebut Rektor ISI Denpasar yang menyampaikan branding ISI Denpasar yaitu ‘Pengemban dan Pengembang Seni Budaya Bali”, merasa bangga kepada semangat civitas akademika ISI Denpasar untuk melahirkan sarjana seni yang handal, karya seni berkualitas, dan pengabdi masyarakat berdaya guna. Karena SDM ISI Denpasar cukup handal yaitu 25% bergelar Doktor sisanya hampir semua bergelar Master.

Mahasiswa baru ISI Denpasar dalam kegiatan ini mendapatkan materi tentang paradigma baru pendidikan tinggi, pola pengembangan kemahasiswaan, pendidikan karakter Bangsa, panduan studi dan system informasi akademik, system dan proses pembelajaran, etika dan tata pergaulan kampus, serta pengenalan lagu hymne dan mars ISI Denpasar, pelatihan pedel dan Tari kebesaran Ciwa Nataraja bagai mahasiswa FSP serta workshop sketsa bagi mahasiswa FSRD.

Comments are closed.