Jelang Hari Jadinya ISI Denpasar Wujudkan Beberapa Terobosan

Jelang Hari Jadinya ISI Denpasar Wujudkan Beberapa Terobosan

foto praktek drama berbhs eng(Denpasar-Humasisi)Menjelang pelaksanaan Dies Natalis VI dan Wisuda Sarjana Seni VII, ISI Denpasar terus berbenah dan membuat trobosan guna merealisasikan rencana strategis ISI untuk bisa ‘go international’. Diantaranya untuk lebih meningkatkan net working, dan bentuk pengabdian ISI Denpasar terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai Negara. Setelah bulan Maret 2009 lalu, ISI Denpasar telah mengirimkan salah satu dosen Jurusan Karawitan ke Paris-Perancis yaitu I Nyoman Kariasa, SSn, pada bulan Juli ini ISI Denpasar kembali mengirimkan salah satu dosen Jurusan Tari ke Paris-Prancis yaitu I Gede Oka Surya Negara., S.ST., M.Sn. Menurut Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A., pengiriman dua dosen ini guna meningkatkan pengenalan masyarakat Perancis terhadap budaya Indonesia, khususnya dalam hal gamelan dan tari Bali, serta membukakan cakrawala wawasan para dosen ISI Denpasar dengan merujuk pada dunia luar. Dari pengiriman salah satu dosen karawitan ke Prancis, telah membuahkan hasil, dimana berdasarkan laporan pada tanggal 21 Juni 2009, dalam rangka hari music sedunia, diadakan Fete de la Musique merupakan festival music tahunan. Materi yang ditampilkan adalah tabuh gilak baris, tabuh tari pendet, dan tabuh gilak sasak. Selain menampilkan gamelan Bali, juga menampilkan  angklung (kocok) yang membawakan lagu  kopi dangdut, my heart dan Besame mucho. Pergelaran ini didukung oleh PPI (Perhimpunan pelajar Indonesia) setempat. Selain pertunjukan, para dosen ISI Denpasar juga mengadakan  sesi interaktif. Pada sesi ini warga Prancis bahkan antri ingin mencoba memainkan gamelan dan angkung bersama sama dengan penabuh dari Indonesia. Selain itu kesuksesan juga dirasakan saat mengikuti Cranaval Tropical de Paris tanggal 4 Juli 2009.  Dengan bimbingan oleh para dosen ISI Denpasar yang dikirim ke Pari-Prancis, kontingen Indonesia yang melibatkan lebih dari 70 orang telah sukses terselenggara.

4422_1004684015896_1788757710_4490_1273528_nSementara Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar, I Ketut Sariada, S.ST., mengungkapkan trobosan lainnya adalah untuk pertama kalinya ISI Denpasar lewat HMJ Karawitan FSP akan menggelar lomba Kendang, Bapang Barong dan Jauk Manis. Kegiatan ini adalah inisiatif dari mahasiswa sendiri. Para peserta adalah mahasiswa aktif ISI Denpasar baik dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Maupun Fakultas Seni Pertunjukan. Pelaksanaan lomba akan digelar selama tiga hari, dari tanggal 23 – 25 Juli 2009, bertempat di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar.

Selain itu dalam bidang pendidikan, para mahasiswa semester II jurusan pedalangan telah mampu menampilkan drama berbahasa Inggris untuk pertama kalinya (21 Juli 2009). Pertunjukan drama berbahasa Inggris ini sebagai hasil dari pelajaran Bahasa Inggris I. Cerita yang diambil adalah Jayaprana. Mahasiswa pedalangan yang berjumlah 7 orang membagi tugasnya masing-masing yaitu: I Dewa Gede Putrayadnya (Penulis naskah), I Gede Wirawan (Sebagai Jayaprana), Nyoman Suastana (dalang), I Made Ono Susanto (Patih), Cokorda Putra (dalang 2), Ni Made Marini (Layonsari) serta I Made Gede Kariyasa (Sebagai Saung Galing). Ketua Jurusan Pedalangan, I Dewa Ketut Wicaksana, S.SP., M.Hum., yang hadir saat pementasan mengungkapkan system pembelajaran ini sangat tepat diterapkan di jurusan pedalangan, karena diharapkan kedepannya mereka mampu menjadi dalang berbahasa Inggris. Pihaknya menambahkan bahwa jurusan Pedalangan sangat mendukung kegiatan ini, dan diharapkan model pembelajaran ini dapat terus diterapkan sebagai inovasi pembelajaran sehingga mahasiswa semangat untuk belajar Bahasa Inggris.

Comments are closed.