Jurusan Karawitan Gelar ‘Maha Daya Cipta Seni Karawitan Bali”

Jurusan Karawitan Gelar ‘Maha Daya Cipta Seni Karawitan Bali”

Kiriman Ni Ketut Dewi Yulianti. Staf Dosen PS. Seni Karawitan.

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar tidak pernah surut akan aktivitas. Di sela-sela penerimaan mahasiswa baru, ISI Denpasar juga sedang menggelar berbagai kegiatan serangkaian dies natalis IX, wisuda sarjana seni X tahun 2012. Berbagai kegiatan telah digelar, diantaranya titrtayatra, jalan santai dan lomba-lomba, serta malam kesenian. Pada hari Selasa (24/7) akan diadakan seminar akademik yang akan mengundang alumni ISI Denpasar, dan pada hari yang sama akan digelar pula lomba lagu solo pop Bali dan Indonesia.

Jurusan Karawitan, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Senin (23/7) akan menyelenggarakan seminar sehari bertajuk “ Maha Daya Cipta Seni Karawitan Bali’ bertempat di gedung Latha Mahosadi ISI Denpasar. Acara ini juga digelar serangkaian pelaksanaan dies natalis IX, wisuda sarana seni X 2012 dan akan menampilkan pembicara I Ketut Lanus, S.Sn. yang akan membawakan topik ‘Penciptaan Karya Karawitan Perpaduan Antara Gamelan Bali’, I Wayan Widia, S.SKar. dengan makalah berjudul “Penciptaan Karya Karawitan dengan Memadukan Unsur-Unsur Seni Daerah Lain di Indonesia, serta Dewa Ketut Alit,S.Sn. dengan makalah “Karawitan Bali Berkolaborasi dengan Unsur-Unsur Musik Manca Negara”.

Peserta dalam seminar ini adalah alumnus jurusan Karawitan, mahasiswa pasca sarjana ISI Denpasar, seluruh mahasiswa dan dosen jurusan Karawitan ISI Denpasar. Adapun moderator dari seminar ini adalah I Kadek Suartaya,S.SKar.,M.Si.. Seminar ini akan diawali dengan laporan Ketua Jurusan Karawitan, I Wayan Suharta, S.SKar.,M.Si. dilanjutkan dengan sambutan Rektor ISI Denpasar yang akan sekaligus membuka acara seminar tersebut secara resmi. Sebelum masuk ke acara utama yaitu pemaparan makalah, akan diadakan acara bedah buku karya I Nyoman Yudha S.Skar. yang akan dipandu oleh I Nyoman Astita,M.A.

Ditemui di ruang kerjanya Jumat (20/7) lalu, Suharta mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh mahasiswa dan dosen jurusan Karawitan serta seluruh pegawai FSP yang telah mendukung persiapan acara seminar sehari ini. “Terima kasih pula kepada Bapak rektor serta Bapak Dekan FSP yang selalu memberi dukungan pada setiap kegiatan, sehingga setiap kegiatan dapat berjalan dengan baik. Yang paling utama syukur dan terima kasih kepada Tuhan,untuk segala kemudahan yang Dia berikan dalam setiap aktivitas kita di kampus” pungkasnya.

Comments are closed.