Kajian Desain Produk Kriya Yang Dipamerkan Pada Pesta Kesenian Bali Tahun 2008

Mar 20, 2010 | Artikel, Berita

Oleh: Drs. I Made Jana, Jurusan Kriya, FSRD, DIPA 2008

Abstrak penelitian

Pesta Kesenian Bali selalu diadakan tiap tahunnya di Taman Budaya Denpasar dan menjadi ajang perajin dan senian memperkenalkan hasi-hasil karyanya kepada masyarakat umum. Kami sebagai peneliti juga berkesempatan untuk mempublikasikan produk-produk kriya yang dipamerkan dalam bentuk tulisan melalui penelitian. Penelitian ini menggunakan  pendekatan sample, dan analisis pembahasan dilakukan secara kualitatif. Lokasi pengambilan sample dilakukan di Taman Budaya Denpasar pada Pesta Kesenian Bali Juni-Juli 2008. Benda Kriya yang diteliti adalah benda-benda kriya yang terbuat dari bambu, kayu, daun pandan, lidi, ate, batok kelapa, dan besi atau logam. Fokus penelitiannya adalah bentuk, fungsi, dekorasi dan finishing.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa benda-benda kriya hasil peajin lokal Bali sebagian besar bentuknya masih menampilkan ciri-ciri khas tradisi Bali, sedangkan produk kriya dari luar kurang mencerminkan tradisi daerahnya. Namun dari bentuk-bentuk tersebut kurang inovatif, karena merupakan pengulangan dari bentuk-bentuk lama. Demikian juga sebagian besar menampilkan fungsi-fungsi pakai dibandingkan fungsi hiasnya, karena kriya yang memiliki fungsi pakai akan lebih mudah diminati konsumen. Dekorasi yang diterapkan pada benda kriya yang dipamerkan tersebut antara lain : diukir dan ditulis. Ada juga benda yang dipamerkan tanpa dekorasi karena keindahan bodi sekaligus merupakan dekorasi seperti anyaman, tekstur kayu dan sebagainya. Finishing yang ditampilkan juga bermacam-macam antara lain : dilukis, diprada, diantik, dipernis, dan sebagainya. Sebagaian kriya yang dipamerkan pada PKB tahun 2008 ini hasil perajin Bali. Namun peserta dari luar Bali jumlahnya juga tidak sedikit. Ada kesan karya-karya yang ditampilkan oleh masing-masing kabupaten di Bali tidak mencerminkan kualitas yang baik, terkesan hanya mengisi ruang semata. Walaupun demikian dibandingkan dengan produk kriya sebelumnya selalu ada pembaharuan atau inovasi seperti pada PKB 2008 ini seperti pada produk anyaman dan besi/logam.

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...