Kajian Foto Pada Postcard Sebagai Penunjang Pariwisata Di Bali

Feb 26, 2010 | Artikel, Berita

Oleh : (Drs. I Gede Alit Widusaka, Jurusan Fotografi, FSRD, DIPA 2007)

Abstrak penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan sample, dan analisis pembahasan dilakukan secara kualitatif. Pengambilan sample dilakukan dengan mengulas sejumlah post card pariwisata tentang Bali. Fungsi post card sebagai cendera mata bagi wisatawan mampu lebih menyebarluaskan Bali sebagai daerah pariwisata yang penting di Indonesia. Kemajuan kepariwisataan tidak hanya tergantung pada sector operasional atau bantuan dari pemerintah saja, tetapi harus diperhatikan pula factor penunjang yang besar peranannya, seperti motivasi kepada masyarakat dengan menggunakan berbagai media seperti radio, televisi atau media cetak lainnya. Salah satu media yang dimaksud adalah post card, yang merupakan sarana komunikasi yang tidak dapat dikesampingkan peranannya dalam membawa informasi, pesan atau gagasan untuk menyebarluaskan program pemerintah tersebut. Post card merupakan media komunikasi agar individu yang cukup efektif. Disamping itu post card dapat memberi nilai rasa tertentu bagi pengirim atau penerima post card itu sendiri. Peranan sector penunjang baik langsung maupun tidak langsung dalam mendukung dan memajukan sector pariwisata harus diperhatikan secsra teliti, karena kehadiran dan peranan sarana penunjang yang bermutu membawa pengaruh besar terhadap sector pariwisata. Seperti telah disebutkan bahwa salah satu sarana penunjang adalah berupa media komunikasi visual berwujud post card.

Untuk menghasilkan seuah post card yang bagus, peranan fotogarfi sebagai salah satu unsur pendukung post card yang lainnya tentu tidak kecil. Sebuah post card yang baik, sudah tentu menampilkan foto sebagai ilustrasinya yang baik pula.

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...