Kajian Kualitas Informasi pada Situs Resmi Pemerintah Daerah Bali II

Kajian Kualitas Informasi pada Situs Resmi Pemerintah Daerah Bali II

Kajian Kualitas Informasi pada Situs Resmi Pemerintah Daerah Bali (http://www.baliprov.go.id) secara Persepsi Visual

Kiriman Arya Pageh Wibawa, Dosen PS Desain Komunikasi Visual

Bila dilihat lebih jauh tingkat accuracy nya dengan cara memilih salah satu artikel yang ada di “Berita Terkini” yaitu “AYU PASTIKA SERAHKAN BANTUAN RUMAH KEPADA KELUARGA MISKIN” maka akan terlihat sebuah halaman situs seperti dibawah ini :

Pada gambar 5 terlihat bahwa masih belum adanya tanggal publikasi yang dicantumkan tetapi sudah mencantumkan nama penulis informasi pada bagian akhir naskah. Bila dikaji dengan kriteria accuracy, maka dapat dikatakan bahwa situs resmi pemerintah propinsi Bali masih kurang memenuhi kriteria accuracy yang baik, dimana belum mencantumkan tanggal publikasi dari informasi yang ditayangkan. Gambar yang dimunculkan hanya sebatas memperkuat informasi yang ditampilkan. Tetapi seperti diketahui bahwa situs ini merupakan situs resmi pemerintah daerah dimana secara verifikasi data dapat dipertanggunjawabkan. Sehingga secara umum, menurut kriteria accuracy informasi yang ditayangkan dianggap memenuhi criteria karena sudah diverifikasi oleh badan pemerintah, dalam hal ini pemerintah daerah propinsi Bali.

1.      Objectivity (Obyektivitas)

Obyektivity adalah sejauh mana informasi yang diberikan mengungkapkan fakta dan kenyataan dibanding dengan pendapat pribadi dan biasnya (Tate, 2010:p.11). Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa situs dapat dibuat dan dikembangkan oleh tiap individu, maka tentunya tingkat subyektivitas informasi yang dibuat akan ikut mempengaruhi pengembang dalam menuliskan informasi dalam sebuah situs. Jika hal itu terjadi, maka dapat dikatakan bahwa tingkat validitas informasi yang ditayangkan situs tersebut dianggap tidak memiliki validitas dan akan menimbulkan ketidakpercayaan pengguna atas situs tersebut. Tingkat validitas itu dapat dilihat dari dimunculkannya tanggal publikasi dan jika merupakan sebuah argumentasi dari sebuah permasalahan ataupun ide-ide yang berkenaan dengan permasalahan yang ada tentunya perlu mencantumkan referensi yang digunakan. Seperti pada situs resmi pemerintah propinsi Bali dapat dilihat sebagai berikut :

Pada gambar 6 diatas terlihat tingkat obyektivitas yang tinggi dengan mencantumkan gambar  disamping informasi yang ditayangkan. Gambar dapat memperkuat argumentasi terhadap informasi yang ditayangkan.

Selain informasi berita yang ditayangkan, pada situs resmi pemerintah propinsi Bali juga menayangkan statistik perkembangan yang ada di Bali. Bila dipilih dari salah satu dari statistik misalnya “Perkembangan Pariwisata Bali 2010”, maka akan terlihat sebagai berikut :

Kajian Kualitas Informasi pada Situs Resmi Pemerintah Daerah Bali II selengkapnya

Comments are closed.