Kampanye Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Bayi Sampai Umur 6 Bulan Melalui Media Komunikasi Visual

Kampanye Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Bayi Sampai Umur 6 Bulan Melalui Media Komunikasi Visual

Kampanye Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Bagi Bayi Sampai Dengan Umur 6 Bulan Melalui Media Komunikasi Visual Di Kabupaten Tabanan merupakan sebuah Skripsi Tugas Akhir yang mencoba memaparkan sebuah proses perancangan media untuk menginformasikan suatu pesan berkenaan dengan upaya kampanye manfaat pemberian ASI eksklusif di Kabupaten Tabanan. Pemilihan manfaat pemberian ASI eksklusif ini sebagai studi kasus dalam Tugas Akhir ini didasari atas pertimbangan bahwa rendahnya tingkat keberhasilan pemberian ASI eksklusif dikabupaten tabanan dan menduduki peringkat keenam di Bali. Kurangnya pengetahuan mengenai manfaat dari pemberian ASI eksklusif merupakan salah satu faktornya. Oleh karena itu dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan membutuhkan bantuan seorang desainer yang dapat merancang media komunikasi visual untuk kampanye manfaat pemberian ASI eksklusif dengan harapan masyarakat mendapat informasi dan pengetahuan tentang manfaat pemberian ASI eksklusif ini.

Untuk memperoleh data dalam tulisan ini digunakan metode observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Setelah data-data tersebut terkumpulkan, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Kemudian mengenai kriteria yang dijadikan indikator untuk menilai desain adalah: fungsional, komunikatif, informatif, ergonomis, estetis, simplicity, surprise, dan etis.

Adapun konsep dasar yang digunakan untuk perancangan media komunikasi visual untuk kampanye manfaat pemberian ASI ekskluif ini  adalah konsep simplicity. Dari segi ilustrasi, digunakan ilustrasi fotografi yang akan disempurnakan di media komputer. Dari segi tipografi, jenis font yang digunakan adalah jenis font yang mudah dibaca dan jelas seperti Arial, Bickham Script Pro Semibold,  Calibri, Century Gothic, One Stroke Script LET, Trebuchet MS dan font lainnya sesuai dengan kebutuhan media tersebut. Dan dari segi warna, warna putih dan biru (primer) akan lebih dominan digunakan yang memberikan kesan hidup sehat yang merupakan unsur dari kesehatan. Adapun beberapa rancangan media yang dibuat untuk kampanye manfaat pemberian ASI eksklusif di Kabupaten Tabanan diantaranya adalah : Poster, Spanduk, X- Banner, Flayer, Brosur, T-Shirt, Paper bag , Stiker, Pin, serta Katalog.

Kata kunci: ASI eksklusif, manfaat dari pemberian, media komunikasi visual.

Comments are closed.