Kampus ISI Dikerumuni Jenderal-Jenderal se Asia Pasifik

Kampus ISI Dikerumuni Jenderal-Jenderal se Asia Pasifik

Kiprah Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar di tingkat internasional bukan sekedar wacana. Pada hari selasa (29/11) bertempat di gedung Natya Mandala ISI Denpasar sejumlah 86 delegasi Asean Regional Forum Heads of Defense Universities, Colleges, and Institusions Meeting (HDUCIM) hadir mengunjungi kampus ISI Denpasar. Sebagian dari delegasi merupakan tamu VIP Jenderal-Jenderal yang berasal dari masing-masing universitas pertahanan di negaranya Para delegasi disuguhi beberapa tarian yakni Selat Segara, Jauk, Legong Kuntul, Satya Brasta, dan Barong, dimana sebelum pementasan, Rektor ISI Denpasar Prof Dr. I Wayan Rai S, MA beserta I G.A. Srinatih, SST., M.Si memaparkan lecture demo tari dan tabuh yang mendapat sambutan meriah seluruh delegasi.

Sementara menikmati suguhan yang diberikan, salah satu delegasi yakni Kolonel Rujito yang juga merupakan ketua program Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan Indonesia (unhan) mengungkapkan HDUCIM yang merupakan pertemuan 2 tahunan ini tidak hanya membahas tentang pengembangan pendidikan tetapi juga pengenalan tentang seni budaya Indonesia dan untuk tujuan tersebut delegasi diajak mengunjungi ISI Denpasar. Meeting tingkat Asia Pasifik ini diselenggarakan mulai dari 29 November hingga 2 Desember, dimana pada 29 november pagi hari, ISI Denpasar juga turut mengisi acara pembukaan di Hotel Kartika Plaza Kuta dengan membawakan tarian Pendet dan Oleg Tamulilingan.

Usai menikmati berbagai suguhan tarian di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, delegasi diarahkan untuk mengunjungi gedung Latta Mahosadi yang juga menyimpan berbagai gamelan dan instrumen bali, dan juga menyaksikan tatacara pembuatan instrument tersebut, para delegasi sangat antusias menjajaki seluruh gedung baik di lantai satu maupun lantai dua. Kunjungan terakhir adalah gedung Kriya Hasta Mandala yang merupakan gedung pameran fakultas Seni Rupa dan Desain, menampilkan berbagai karya seni hasil dari mahasiswa ISI Denpasar.

Dalam kesempatan terpisah saat Rektor Universitas Pertahanan Indonesia Letjen Purnawirawan Dr. Syarifudin Tippe, M.Si mengungkapkan bahwa sangat gembira bisa berkunjung ke Kampus ISI Denpasar serta menyatakan bahwa seni dan budaya memiliki kaitan erat dengan pertahanan dan hal itu tidak pernah terpikir sebelumnya. Kemudian Prof.Rai mengungkapkan terimakasih telah bersedia meluangkan waktu mengunjungi ISI Denpasar serta menikmati suguhan kesenian yang diberikan.

Comments are closed.