Kariasa Berbagi Pengalaman Melaksanakan Tugas di Paris

Kariasa Berbagi Pengalaman Melaksanakan Tugas di Paris

Kami mendapat kabar dari I Wayan Kariasa yang sedang bertugas di Paris, yang menceritakan tentang kegiatannya selama di sana.

OM SWASTYASTU,

Dalam kesempatan ini dapat saya ingin berbagi pengalaman secara singkat tentang kegiatan  saya selama bertugas di paris:

Latihan Tari

Latihan Tari

Kegiatan pembelajaran gamelan dan tari Bali di KBRI paris  pada periode ini dimulai pada tanggal 16 april 2009. Seminggu setelah kedatangan kami di paris. Sebagai target awal yang dibebani adalah turut berpartisipasi dalam Festival Indonesia tanggal 16-17 mei yang diadakan oleh KBRI di kantor KBRI paris. Dalam Festival Indonesia ditampilkan beberapa pertujukan seni dan pameran industry kerajinan Indonesia yang diikuti oleh pengusaha UKM yang khusus didatangkan dari Tanah Air.   Untuk itu, kami membentuk sebuah group gamelan dari  anak anak persatuan pelajar Indonesia(PPI) yang sedang belajar  menyelesaikan program S-1 sampai S-3 di Paris. Selain PPI juga turut warga Indonesia yang bekerja di paris. Disamping membentuk group gamelan, kami juga mengadakan pelatihan tari kepada  anak anak yang orang tuanya bekerja di KBRI, yang nantinya dapat dipentaskan dalam Festival Indonesia (FI).

JADWAL LATIHAN persiapan F I.yaitu :

Untuk latihan gamelan dilaksanakan 2x seminggu yaitu pada hari sabtu jam 8 -10 malam dan hari sabtu jam 12 - 2 siang.

Latihan tari dilaksanakan  2x seminggu yaitu pada hari jumat jam 4 - 6 sore dan hari sabtu jam  2-4 sore.

MATERI LATIHAN

Mengingat peserta atau anggota penabuh dan penari adalah rata- rata pemula, dan waktu persiapan dan jadwal latihan yang relative singkat, maka kami menyiasati dengan memberikan materi yang se-sederhana mungkin. Untuk penabuh materinya :

Tabuh gilak sasak dan tari Pendet penyambutan.

Untuk penari materinya tari pendet penyambutan.

Disela sela persiapan festival, pihak KBRI juga membuka pendaftaran kursus menari dan menabuh kepada masyarakat umum dengan tanpa memungut bayaran alias gartis. Dari pendaftaran tersebut tercatat 60 nama yang mengikuti pelatihan tari dan menabuh di luar PPI dan anak anak pegawai KBRI. Untuk itu di buatkan jadwal sbb:

Hari senin  latihan gamelan jam 11- 13 dan 18- 20, Latihan tari jam 15-17.

Hari selasa, libur.

Hari rabu : latihan gamelan jam 14- 16, Latihan tari jam 11- 13 dan 16.30 - 18

Hari kamis: latihan gamelan tidak ada. Latihan tari, jam 14- 16 dan jam 19 - 20.30

Hari jum'at, latihan gamelan jam 20 - 22 (PPI), Latihan menari jam 16 - 18 ( anak anak)

Hari sabtu, latihan gamelan ,jam 12 - 14(PPI) dan 15 - 17. Latihan tari, jam 17.30 - 18.30 dan 18.30 - 20

Hari minggu, libur.

PESERTA PELATIHAN.

Saya (ditengah) setelah Pentas

Saya (ditengah) setelah Pentas

Peserta pelatihan terdiri dari : warga Indonesia yang bekerja dan sekolah di Prancis, Ibu Ibu yang kawin dengan orang Prancis, warga Negara asing yang bekerja dan sekolah di Prancis seperti; Taiwan, Brasil, dan Meksiko, dan  dari warga prancis sendiri. Dari hasil pelatihan tersebut (Gamelan PPI dan dua kelompok tari pendet anak anak) kami berhasil pentas dengan sukses mengisi acara festival Indonesia. Selain itu kami juga mengisi acara perayaan waisak di Hotel de Ville (Balai kota Paris) pentas bersama team kesenian dari berbagai Negara- Negara asia, seperti, Cina, India, Srilanka, Vietnam, Tibet, Korea, dan Prancis.

Untuk melanjutkan proses pelatihan tersebut kami telah membentuk group gamelan yang anggotanya terdiri dari :

Goup A. anggotanya dari PPI (persatuan Pelajar Indonesia)jadwal latihan hari jumat malam jam 20- 22.

Group B, anggotanya mahasiswa sekolah Inallco (warga Prancis yang belajar Bahasa Indonesia) Jadwal latihan hari selasa jam 19- 21. Sesuai dengan yang terdaftar/telah mengikuti kursus, dalam minggu ini akan dibentuk lagi group berikutnya, yaitu:

Group C. Anggotanya dari masyarakat prancis dan warga Negara asing lainnya, sprt Taiwan, brasil dan meksiko.jadwal latihan Hari senin jam 19- 21.

Group D. anggotanya dari Ibu -ibu yang bersuamikan orang prancis. Jadwal latihan hari sabtu jam 15- 17.

Group E.  anggotanya dari Ibu-Ibu Darma Wanita KBRI. Jadwal latihan hari Rabu jam 15- 17.

Untuk memantapkan tehnik juga dilaksanakan kursus privat seperti jadwal kursus diatas.

JADWAL PENTAS.

Karya besar dalam bidang seni budaya dan promosi Indonesia yang akan dilaksanakan KBRI paris adalah ikut serta dalam CARNAVAL TROPICAL DE PARIS, yang diadakan pada tanggal 4 juli mendatang. Untuk itu kami sedang mempersiapkan sebuah sajian seni fragmen prosesi yang melibatkan gamelan bleganjur, tari nusantara dan cak. Mohon dukungan dan doanya supaya proses latihan dan pentas nanti berjalan dengan lancar.

Selain Carnaval, gamelan KBRI  juga akan mengisi acara FETE de la MUSIQUE, yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 juni 2009, yaitu untuk merayakan hari/ siang  terpanjang di prancis. Dijalanan seluruh paris akan ada pentas music. Nanti estela pelaksanaan semoga saya dapat berbagi pengalaman.

Semua latihan gamelan dan tari diatas kami targetkan untuk tampil dalam perayaan 17 Agustus di Wisma Duta.

Demikian semua kegiatan yang telah dan akan  kami lakukan selama di paris, mohon dukungan dan masukan demi suksesnya tugas kami. Terima kasih,

OM SANTI, SANTI, SANTI OM.

Paris, selasa 26 mei 2009

I Nyoman Kariasa, S.Sn.

Comments are closed.