Ke Thailand Dalam Rangka Thai-Indonesia Cultural Exchange Cooperation 2011

Ke Thailand Dalam Rangka Thai-Indonesia Cultural Exchange Cooperation 2011

Beberapa waktu yang lalu delegasi ISI Denpasar yang terdiri dari dosen dan mahasiswa bertolak menuju Thailand selama kurang lebih seminggu dalam rangkaian kegiatan Muhibah seni, yang merupakan kegiatan pertukaran kebudayaan antara dua negara yang diselenggarakan antara ISI Denpasar dengan Suan Sunanda Rajabhat University dan Surat Thani Rajabhat University, Thailand. Kerjasama antara ISI Denpasar dengan dua universitas besar di Thailand ini telah dimulai sejak tahun 2006. Hal ini sangat mendukung peningkatan hubungan kedua belah pihak untuk saling bertukar budaya, research, serta pertukaran pelajar atau mobility student yang telah berlangsung dalam program MIT.

Saat berada di Thailand, Delegasi ISI Denpasar sempat berdialog dengan mahasiswa ISI Denpasar yang sedang mengikuti program MIT, mereka mengungkapkan mendapat pengalaman, budaya, serta etika yang tinggi dalam mengikuti perkuliahan. ”Saya setiap hari menggunakan kostum putih-hitam kekampus dan selalu disiplin waktu perkuliahan” kata Sri Wahyuningsih mahasiswa JurusanTari FSP, A.A. Amitaba, dan Ilutfiatun Mahasiswa FSRD yang menyalami dosen dan temannya. ”Saya menyampaikan salam kepada Bapak Rektor, dan terimakasih kepada Bapak Menteri yang telah mengirim kami kesini untuk belajar budaya Thailand”, Imbuhnya.

Rangkaian kegiatan Muhibah seni kali ini terdiri dari acara Workshop, Pementasan, dan Pameran yang diselenggarakan di kedua kampus. Workshop Wayang Kamasan dibawakan oleh dosen dari FRSD, yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen di masing-masing kampus di Thailand ini. Kemudian pementasan Tari Bali yang terdiri dari Tari Kecak, Tari Baris, Kebyar Duduk, Topeng Tua, Teruna Jaya, dan Oleg Tamulilingan yang dibawakan oleh gabungan antara dosen serta mahasiswa FSP ISI Denpasar. Kemudian sebagai balasannya ISI Denpasar juga mempelajari tari Thailand dari Dosen setempat. Hal ini merupakan pertukaran budaya yang sangat penting dilakukan oleh kedua belah pihak kata presiden Suan Sunandha saat membuka pameran.

Pameran visualisasi dengan tema ”Seni dan budaya sebagai jembatan perdamaian dan persahabatan antar Indonesia dan Thailand”, menampilkan karya lukis, seni patung, seni kriya, desain interior, desain komunikasi visual dan fotografi, merupakan kesempatan yang baik untuk berdialog dengan masyarakat internasional, disamping karya seni rupa dari Suan Sunandha dan Surat Thani Rajabhat University.

Pagelaran di Surat thani Rajabhat University juga disaksikan oleh Presidennya secara langsung, serta menyampaikan salam hangat kepada Bapak Rektor ISI Denpasar, ”Saya sangat senang dengan kegiatan ini dan tahun ini rencananya akan melakukan kunjungan balasan untuk kerjasama yang lebih erat”ungkap President.

Pimpinan delegasi PR IV I Wayan Sueca, selalu menekankan pada kedisiplinan dan profesional dalam pelaksanaan pameran workshop dan pegelaran, setiap kegiatan selalu diadakan evaluasi. ”Saya menegaskan bahwa delegasi ini membawa misi terhormat yaitu mengemban visi dan misi ISI Denpasar Go Internasional” ungkap Sueca dalam setiap evaluasi yang dijadikan pelajaran bagi mahasiswa dan dosen ISI dalam mengemban tugas. ”Dalam waktu dekat ini ISI Denpasar akan mengirimkan delegasinya untuk bertolak ke California, Amerika Serikat pada tanggal 6 September 2011, mudah-mudahan kunjungan ini mampu meningkatkan eksistensi ISI Denpasar di tingkat Internasional” tutupnya.

Comments are closed.