Keberangkatan Rombongan ISI Denpasar Ke Jepang

Keberangkatan Rombongan ISI Denpasar Ke Jepang

kbrt-jepangDenpasar-Sebanyak 27 orang rombongan ISI Denpasar yang terdiri dari dosen, pegawai dan mahasiswa ditambah 3 orang dari Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi (DIKTI) Depdiknas akan bertolak ke Jepang  pada dari tanggal 11-17 Nopember 2009. Keberangkatan ini dalam rangkan mewujudkan visi akademis DIKTI yaitu internasionalisasi Perguruan Tinggi Seni Indonesia.  Dipilihnya Jepang karena ISI Denpasar telah mempunyai dengan universitas di Jepang seperti kanda University di prefektur Chiba, Tokyo National University of Art dll. Adapun kegiatan rombongan ISI Denpasar utamanya adalah untuk mengunjungi Kanda University dan ini merupakan kunjungan balasan dari kunjungan Kanda University sebelumnya.

Yang menarik dari kunjungan ini ISI Denpasar akan mengadakan kolaborasi pertunjukan tari topeng. Antara tari topeng bali yang diwakili oleh seniman topeng Bali sekaligus dosen ISI Denpasar, Cokorda Raka Tisnu. Dengan tari topeng klasik Jepang atau biasa disebut Noh. Tujuan kolaborasi ini adalah untuk meningkatkan hubungan harmonis antara Jepang dan Indonesia  Juga bertujuan untuk menunjukan lewat seni sebagai perekat antar bangsa.

Juga akan dilaksanakan konser gamelan di Kanda University pada tanggal 13/11 dengan pertunjukan tabuh dan tarian. Bersamaan dengan kegiatan ini rencananya kegiatan ini akan ditonton oleh anak-anak SD di Jepang dan akan dilaksanakan lomba pidato berbahasa Indonesia antar anak-anak SD Jepang. Pada tanggal 15 rombongan akan dibawa ke Tokyo Disneyland dan pada tanggal 16 akan dilaksanakan pementasan di Tokyo National University of Art. Di Tokyo University of Art juga akan dilaksanakan seminar dan ditutup dengan pementasan kolaborasi antara topeng Bali dengan Noh.

Untuk semakin memperkenalkan kesenian Bali kepada masyarakat Jepang, akan dilaksanakan workshop proses pembuatan topeng Bali yang dibawakan oleh Cokorda Raka Tisnu dan workshop pelarasan gamelan oleh dosen-dosen karawitan ISI Denpasar. Mengingat begitu banyaknya gamelan Bali di jepang yang memerlukan pelarasan

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA mengharapkan dengan kebrangkatan ini aka nada tindak lanjutnya secara akademis dengan saling mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk study exchange, sandwich program, atau doeble degree. Sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan ISI Denpasar  sesuai dengan yang dibutuhkan oleh dunia kerja sekarang. Diikutsertakannya Kepala keuangan dalam keberangkatan ini bertujuan untuk meninjau langsung proses penanganan International Office di Universitas Jepang, yang nantinya akan diterapkan dalam rencana pembentukan Internasional Office Di ISI Denpasar. Semoga dengan keberangkatan ini akan membuahkan hasil yang postif dalam perkembangan ISI Denpasar ke depan.

Comments are closed.