Kehidupan Wanita Pengrajin Gerabah Di Desa Binoh Kelurahan Ubung Kaja Denpasar

Kehidupan Wanita Pengrajin Gerabah Di Desa Binoh Kelurahan Ubung Kaja Denpasar

Oleh: Ida Ayu Gede Artayani, S.Sn, M.Sn.

Dibiayai DIPA ISI Denpasar, 2009

Ringkasan Penelitian

Desa Binoh terletak di wilayah Kecamatan Denpasar Barat, adapun Desa Binoh dibatasi oleh Kelurahan Sempidi di sebelah barat, kelurahan Ubung Kelod di sebelah selatan, dan  Desa Peguyangan di sebelah timur.

Desa Binoh terdiri dari dua bagian yaitu, Binoh Kaja dan Binoh Kelod, kerajinan yang hidup di daerah ini adalah keterampilan tradisional yang diwariskan secara turun temurun. Pengrajin atau pekerja di sini kebanyakan wanita yang telah berumur dan telah berkeluarga. Para suami atau kaum laki-laki biasanya bekerja di sawah dan membantu dalam pengangkutan barang-barang gerabah yang sudah jadi serta dalam proses pembakaran.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mendorong kaum wanita untuk menekuni  pekerjaan sebagai pembuat kerajinan gerabah. Dan kendala apa yang dihadapi oleh pengrajin dalam memajukan usahanya.

Melalui penelitian di lapangan, menggunakan metode observasi dan wawancara, akhirnya permasalahan tersebut bisa terjawab. Adapun faktor yang mendorong wanita melakukan pekerjaan ini karena: Faktor pendidikan (wanita pengrajin rata-rata berpendidikan SD)  kesempatan kerja, dan faktor ekonomi karena menggeluti pekerjaan ini tidak terkait oleh waktu sehingga para wanita bisa menselaraskan peranannya sebagai ibu rumah tangga.

Adapun kendala yang dihadapi oleh para pengrajin disini adalah: bahan baku dari daerah pengrajin sendiri semakin berkurang, dan harus mendatangkan dari daerah lain, teknologi, dan disain yang kurang serta pemasarannya. Selain itu dengan banyaknya gerabah-gerabah dari luar masuk kedaerah Bali yang memiliki disain lebih bagus.

Comments are closed.