Kersos FSRD ISI Denpasar Di Mandala Wisata Wenara Wana, Pura Dalem Agung Padang Tegal

Kersos FSRD ISI Denpasar Di Mandala Wisata Wenara Wana, Pura Dalem Agung Padang Tegal

Kiriman Heri Budiana Staf FSRD ISI Denpasar

Gianyar- Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan serta sebagai cermin kecerdasan dan ketangguhan mahasiswa dalam menyikapi budaya bersih, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar menggelar Kerja Sosial (Kersos) Mahasiswa  yang dikemas dalam bentuk ‘Bakti Sosial’. Kersos Mahasiswa FSRD ISI Denpasar dilaksanakan pada tanggal 12 November lalu, diikuti oleh seluruh mahasiswa FSRD dengan didampingi dosen pembimbing bertempat di Mandala Wisata Wenara Wahana, Pura Dalem Agung Padang Tegal, Ubud -Gianyar. Dipilihnya Mandala Wisata Wenara Wana , Pura Dalem Agung Padang Tegal sebagai lokasi kersos, karena daerah ini sebagai salah satu objek wisata yang dapat dijadikan sumber inspirasi dalam pengembangan pendidikan seni. Selain itu tempat ini juga telah dirancang sebagai tempat untuk menggelar pameran sebagai hasil kerjasama yang dimotori oleh Pembantu Rektor III ISI Denpasar, Drs. I Made Subrata, M.Si yang juga sebagai seniman lukis.

Pembantu Rektor I, Drs.I Ketut Murdana, M.Sn. menyampaikan bahwa kegiatan dalam wujud bakti sosial ini dilandasi oleh pengalaman jucertape yaitu jujur, cerdas, tangguh dan peduli. “Dalam hal ini mahasiswa diharapkan dapat mewujudkan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan sebagai cermin kecerdasan dan ketangguhan mahasiswa dalam menyikapi budaya bersih” ungkap I Ketut Murdana. Bakti Sosial yang melibatkan 189 mahasiswa dan 20 dosen pembimbing serta dibantu jajaran Senat dan HMJ di lingkungan FSRD ISI Denpasar, merupakan program wajib sebagai wujud nyata dari pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Hal ini juga penting bagi mahasiswa karena kersos merupakan program wajib bagi mahasiswa yang tidak dapat digantikan dengan kegiatan lainnya bedasarkan pemberlakuan SKKM (Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa).

Kegiatan Bakti Sosial yang mengambil tema “Lingkungan Bersih, Sehat, Hijau dan Bebas dari Sampah Plastik Sebagai Wahana Dalam Mewujudkan Karakter Bangsa”, diawali dengan sembahyang bersama di Pura Dalem Agung Padang Tegal, dilanjutkan dengan membersihkan lingkungan obyek Wisata Mandala Wenara Wana serta Menanam pohon untuk menunjang keasrian lingkungan wisata wilayah setempat. Dalam kesempatan tersebut FSRD ISI Denpasar juga memberikan sumbangan berupa tong sampah untuk penampungan sampah plastik di sekitar obyek wisata.

Dekan FSRD ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu, M.Si menghaturkan rasa terima kasih kepada Lurah Ubud, Bendesa Adat Padang Tegal, Manager Mokey Forest serta masyarakat setempat atas dukungan dan kerjasamanya dalam melancarkan kegiatan kersos ini.

Sementara Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA, yang hadir ke lokasi kersos menyambut baik dan positif kegiatan bakti sosial ini, karena kegiatan kersos dengan cara bakti sosial membersihkan lingkungan merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah yaitu “Bali Clean and Green”.  “Ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah provinsi Bali untuk mewujudkan Bali bersih dan hijau. Semoga kegiatan serupa dapat dilakukan komponen masyarakat lain agar Bali tetap terjaga kebersihannya” ujar Prof. Rai dengan senyuman.

Comments are closed.